GATHERING ID-RUBY KETIGA, 19 AGUSTUS 2007, 11:45 – 17:00 WIB

Posted: August 20, 2007 in id-ruby

UPDATE Rabu, 22 Agustus 2007, Pukul 19:07 WIB dapat banyak foto jepretan Temen Hendy

UPDATE Pukul 16:27 WIB dapat 4 foto jepretan Rofiq-Sensei

Menyenangkan sekali gathering teknis id-ruby ketiga kali ini :-D

Ada banyak kejadian-kejadian yang tak terduga-duga sebelumnya oleh saya :-D =))
Yang paling menonjol adalah yang usianya lebih senior daripada arie, di orang ruby indonesia pada sok imut dan pada protes gak mau dipanggil bapak! =)) Trus orang yang ngumpul-ngumpul di id-ruby tuh ngakunya pada kepingin alias punya mimpi pake ruby aja terus tapi kerjaannya di lain-lain! :-D ada di dot net, java, sysadmin, maupun mantan pelayan restoran… oops. ;-) Trus mayoritas teman-teman id-ruby tuh pada punya kekuatan tersembunyi dibalik penampilan yang serba sederhana itu ;-) cape deeeh # ngaku gembel kok makannya steak + laptop?, mimicking someone who also doesn’t wanna be called “Bapak” there .. hello .. hello .. hello.


Poto poto poto… dari kiri ke kanan: Suheimi, Widi, Arie, Hendy, Topik, Marcel, Rofiq-Sensei

Agendanya, well, as usual si arie *wajib* kudu harus makan dulu.. Di Detos ini beda sama di Ciwalk, kalo di Ciwalk bayar duluan pake kartu jadi gak repot bayar-bayar lagi pake duit (berarti canggihan ciwalk ketimbang detos ya?!) tapiii kalo di Detos lantai paling atas ini internet GRATIS! Pokoknya asal laptop udah dukung Wireless ya sudah, tinggal set DHCP otomatis dah bisa konek tuh ;-)


Poto poto poto… dari kiri ke kanan: Suheimi, Widi, Arie, Hendy, Topik, Marcel, Rofiq-Sensei


dari kiri ke kanan: rofiq-sensei, hendy

Saya hari minggu itu bangun tidur jam 8 pagi (apa jam 10 ya? lupa saya..) trus malas bangun (seperti biasa + juga malas mandi sih tapi harus dipaksa harus mandi kalo gak mau gatal gatal badan saya kena tembak belanda) trus mandi trus jam 10-an (apa jam 11-an ya?) ada bunyi-bunyi HP saya… dung ding dung cuap cuap cuap (jazz song)… hei! Prof yang telpon! Ini cuplikan pembicaraan kita:

Prof: Rie, aku gak bisa datang rie ya. Nanti tunggu foto-fotonya aja ya. Kejebak macet aku kemarin, gak enak badan.

Arie: OK Prof. Sip, kalo foto-foto mah.
(yg gosip tentang arie dengan cewek bule eropa disensor + prof itu yang mana juga uda musti bisa RTFM sendiri2x aja deh / ….. kabuuurrrr…. )

OK deh, masuk-masukin laptop sama kabelnya udah deh (tentu sehabis pake baju sama celana) trus pake sepatu (berhubung maunya pake sandal tapi kok kayaknya parah amat udah mo putus tuh takut putus di tengah jalan jadi nyeker deh / kalo di kantor kan emang biasanya nyeker saya) trus buka pintu, trus keluar deh cari bluebird, tapi kulutuk dicari, ulam pun tiba, bluebirdnya uda nongkrong nunggu orang, ya sudahlah tinggal masuk.

Trus, pas sudah naik tu mobil angkutan umum (taksi juga angkutan umum toh?) tau tau ditelpon lagi, oh dari nomor 021-sekian-sekian hm, namanya belum terdaftar di phonebook, ya udah pas diangkat, walah rupanya dhiku (atau diki ? maaf telinga saya memang error) sudah ada di detos, jadi dia saya suruh aja tunggu di foodcourtnya detos.

Trus, jalanlah trus taksi itu, eh pas baru masuk depoknya di margonda tuh, bunyi lagi HP gw, oh rofiq-sensei (pokoknya biarpun orangnya gak terima pokoknya harus mau soalnya dulu memang pernah di Jepang) .. whoop, sudah sampai juga, I said I’ll be there in about 5 minutes.

OK deh, gak taunya malah cuma 2 menit aja dari waktu suara rofiq-sensei nan merdu melintas di telpon saya sudah sampai saya di detos. Hm, langsung aja dah naik ke lantai paling atas, trus… pas sudah di lantai paling atas… sebetulnya bukan di paling atas sih, kalau paling atas detos itu ya atap, ada ruang terbuka gitu deh kayaknya. maksudnya ini di food courtnya. nah pas saya lagi berdiri-berdiri itu saya telpon aja rofiq-sensei lagi, eit, pas lagi telpon telpon tau-tau ada yang senyum-senyumin saya dateng mendekat ke saya ;-)

“Pak Arie?”

saya: “Iya. :-) (salaman)” trus dianya nyahut (nyebut namanya) : Marcel.

Ooo ini to yang namanya Marcel :-D dulu kita sempat chatting ya lewat YM hehe ya senang banget bisa ngobrol sebentar sembari nunggu yang lain juga sekaligus bisa ketemu istri dan dua anak Marcel disana.

Trus, gak lama rofiq-sensei datang dengan sayap superman wooooosssss woooosss …. oke oke oke.. sori sori sori, gak nggak nggak kok, normal aja (sejujurnya itulah yang berkelebat dipikiran saya saat impresi pertama kali banget melihat rofiq-sensei, ugh dia idola saya gitu lho! Jadi harap maklum dong + jangan protes) Aseli dari Bogor mau dateng ngumpul bareng kita-kita itu buat saya yang gembel gini merupakan kehormatan banget tuh (serius).

Nah, jadi kita langsung duduk aja deh disitu, eitt… tau-tau disodori menu kita, :-D howaa bener-bener beda banget sama di ciwalk ya? :-D ah sebetulnya saya cuma bisa sebut ciwalk karena saya ini gak tau kemana-kemana, bukan sok tampang mal berduit (level saya ini cuma gembel, jadi harap maklumlah ya.)

Ya udahlah, kita jadi pilih-pilih menu mo makan apa ya.. uuugh kalo pak rofiq langsung nanyanya : “Jadi kita langsung diskusi / ngomong teknis apa ?” Gw jawab : “Makan dulu … lapar sensei, dari bangun sampai jam segini belum makan” sambil menatap memelas penuh sangat meminta belas kasihan walau sepertinya tak dikasih oleh tatapan sakti rofiq-sensei.

Saya makan, pak rofiq makan juga, lah Marcel makannya bareng anak istrinya :-D

Trus. Pas lagi makan, eh ada lagi datang 2 orang, howaa Widi dan Suheimi. Eng ing eng. Rupanya ini yang paling lama, waduuh maaf ya saya datangnya telat, biasanya kerjaan saya mati sih (mati = makan tidur) mulu.

Jadi kita udah ber 5 disitu. Trus, pas gitu, howaa ituh ada Hendy sama temennya dateng. Haha Jadi ber 7 deh kita.

Trus trus? Ada SMS … Ooo dari Inung, bilang : “Rie gw absen. Baru bangun nih begadang terus.”

Yaaah inung… langsung aja gw telpon dia. “Hei Nung, bener nih ya gak nyesel ya? :-D Lo akan banyak surprise kalo hari ini ketemu kita-kita. Ini kita lagi makan-makan nih”

Inung: “Rese’ luuu” (sambil suaranya serak ples lemas tak berdaya tanda betulan 100% baru bangun tidur)

Ya udah, berarti udah 2 orang deh yang bilang gak bisa ikutan ngumpul.

Nah trus pas kita udah mulai sambil ngobrol2 ringan, ada topik_fti yang ngakunya perwakilan mahasiswa univ. budi luhur ;-) [semoga gak culture shock pas liat kelakuan + penampilan rubyist yang nyantei banget (casual) gitu]

Trus pas uda selesai makan ato gimana ya (lupa gw detilnya, ah payah, ingatan arie sudah rapuh! dulu gak punya ingatan, sekarang rapuh ingatan… bourne ultimatum) trus pak reza dateng (bareng anaknya yang pinter)

Berarti sekarang jadi totalnya ada : arie, hendy, temennya hendy, widi, suheimi, rofiq, marcel, topik, pak reza = oh 9 orang.

Nah, OK, pas tanya-tanya-tanya wah diatas itu ternyata gak ada colokan listrik. Walah ya udahlah kalo gitu kita-kita jadi gathering di tempat makan disitu aja, aih dodolnya (atau bersyukur malah ya thanks god!) laptop gw yang sudah uzur, mabuk dan penuh daki ini bisa jalan walau gak ada colokan listrik (tujuh belas agustus tahun empat lima, itulah hari kemerdekaan kita..)

Nah, gitu deh, sesuai rencana, saya memperlihatkan copy an file lightty conf yang dari mesin server asli (belum diubah-ubah tuh, suer gosong rambut suram disambar geledek deh)

sama buat rubygems mirror. As simple as that.

Itu untuk codingnya. Ya tapi sebetulnya gak coding sih, itu kan cuma rake stats aja, trus cat filetertentu buat omongin gimana mekanisme portfolio yang pernah gw dan seluruh tim bikin pakai ruby sama rails yang terintegrasi sama kannel lah, sama xml lah, sama ini lah , itu lah. bla bla bla. (sori bagi pembaca yang kecewa dan penasaran akan makna dari istilah “bla bla bla” silakan protes untuk nanti diteruskan di comment blog ini aja, dasar arie blogger tak bertanggung jawab!)

Pak Reza nanya : Sudah coba hobo? Kalo merb?
Arie Jawab: Belum.

Kasus Pak Reza lagi yang menarik : Gimana biar kita bisa edit Rails seperti di PHP tanpa restart server walau rails sedang berjalan dalam production mode?

Jawaban Hendy: ujung2nya pakai cap deploy juga :-D ini sambil didemokan cruise buat kalau ada bug sudah dites dan free bug lho, jadi menurut hendy dibantu pak rofiq itu tetap aman untuk servernya.

Jawaban arie dodol: terus terang restart server. (gak bisa jawab kalau urusan scale, ini adalah satu kelemahan arie: kurang kuat di sisi sysadmin dan server server / cape deeeh)

Saran dari Suheimi : “Musti ada training atau kalau nggak, bikin aja acara ke kampus-kampus mengenai Ruby”,

arie: nah bagus itu, dicatet! ya sebetulnya jujur dari dulu sih niatnya gitu, tapi emang dasarnya saya yang perfeksionis urusan bikin kurikulum, ini baru sanggup semacam flash lightning aja kayak gini. Kalau macam seminar atau training bolehlah nanti, tapi panitia-nya or event organizer-nya jangan saya ya, kalo pembicara doang gpp deh, saya mau. Tapi jangan dalam waktu dekat ini ya.. karena eh karena… masih ada urusan yang belum bisa ditunda-tunda dulu.

Rofiq-Sensei cerita sama arie dan subjek boleh dibalik (maksudnya: Arie cerita sama Rofiq-Sensei, nah ini maksudnya jadinya saling curhat begitulah).

Lho kok malah ngomongi LISP (pakai DrScheme di Mac saya), trus mainkan dengan (+ 1 2 3 4 1) dibandingkan dengan di Ruby yang 1 + 2 + 3 + 4 + 1.

Trus pas Jenggot Pak Reza mendekat pipi saya (tapi gak sampai nempel lho ;-) ) malah kita jadi buka buka Smalltalk (Squeak di Mac saya) howaa pencet apple p, code, pencet apple p, udah gitu gitu doang mah di smalltalk, jadi belum bisa ngejawab skeptik steve soal akses sistem file di smalltalk mudah ato sulit sama aplikasi yang bener-bener gw jalanin pakai smalltalk :-D

Dari kiri ke kanan: “Widi, Arie”. Komentar arie: “Mainan Smalltalk, Hei! foto Pak Reza gak keliatan!”.

Lho, pas Rofiq-sensei kembali curhat kita malah jadi ngomongin Haskell ? Yah, kita bukalah itu source code pugs di /Users/arie/usr/src nah tuh ada file lhs nya. Selamat pusing kepala! :-D

Trus trus trus… pada curhat soal revision control deh, widi ternyata punya cinta terpendam yang sangat dengan mercurial, tapi dipaksa mbah mbah jadi tetep pake svn deh (btw widi kocak banget deh bacanya bukan es ve en, tapi seven)

komentar arie: waw iya tuh, mercurial kan dekat banget sama git dengan darcs! pokoknya kalo distributed rev control tuh dasar bikin ketagihan.

komentar rofiq-sensei: kalo bacanya seven itu sih exclamation game dota! =))

si hendy langsung jadi curhat juga tentang svk nya (banget) dan bazaar. Ples langsung mainan screencast sama codesnya dia.

Kalau curhat arie, ah biasa-biasa aja, gak ada yang istimewa, jadi pokoknya segala kekurangan aja yang menumpuk jadilah arie ini. Artikulasi widi sih tepat banget tuh : “Arie mimpi mulu’… ngomongnya belibet! =)) hihihi” arie paling-paling ngomong apa yang bisa sedikit-sedikit itu aja, jadi tentang svn, git sama darcs. udah. jangan sampai jauh-jauh minta bikinkan patch darcs supaya bisa nggak error kalo size repositori kita lebih gede daripada lima puluh mega, bisa pusing lagi kepala gw nanti.

Oh iya, rofiq-sensei curhat lagi soal haskell: “Tapi kalau pake haskell apa gak lambat Rie?”

arie jawab (dengan terus terang bahwa jawaban ini persis mengutip apa yang sudah pernah dikatakan oleh mr.x yang pasti akan marah besar dan protes kalau namanya selalu disebut-sebut oleh saya ataupun di blog ini) : “Why don’t u design your application well, instead of worrying about low level things. Kalau memang kamu mendapatkan kesulitan berupa hal-hal yang lambat di program kita, seekstrim-ekstrimnya throw more hardwares to it, tidak peduli kita mau bikin pakai C ataupun assembly kita akan tetap terbatas oleh hardware kita juga pada akhirnya. Jadi pakai aja bahasa tingkat tinggi macam LISP, Haskell, Ruby langsung, kan yang penting produktivitas tinggi”

Aih, jadi yang katanya Rubyist dan setiap hari selalu tidur memeluk ruby di gathering itu siapa aja ya? Kan pada ngakunya uda lama gak di ruby lagi nih, atau ada yang mo pakai ruby tapi tanya-tanya ke saya dulu ERP di Ruby apa, trus ada lagi yang omongin framework macem-macem lain on top of dot net itu apa aja, trus framework framework lain, trus omongin IronPython, IronRuby, Rubinius, JRuby.

Jadi si arie berlanjut omongin ke Hendy soal ide John Long bikin struktur direktori yang gak MVC yang terpecah seperti rails biasa itu, jadi malah kayak django, dan arie pribadi lebih condong senang ke ide john ini.
Ini sengaja kita omongin berhubung Hendy juga biasa patch ke Rails Core walau ngakunya sih yang trivial aja (ah Hen, emangnya yang sulit bagi kita apa sih Hen? Gw sih pengen bilang juga kalo bahasa Prancis itu gampang kok hen… Asal dibiasakan aja, masalahnya gw ini kurang latihan, mungkin perlu disesatkan ke kampung prancis dulu barangkali) Njawab sendiri: yang sulit bagi gw adalah yang gw belum biasa / belum tau gimana-gimananya.

Tentu obrolan itu jadi berlanjut ke radiant karena ini menyangkut nasib dan hidup john (ah arie ngetiknya terlalu didramatisir!), dst.

Hm, obrolan juga berlanjut soal tulisan arie dan andry ke majalah itu, juga obrolan mo tulis-tulis atas nama komunitas id-ruby ke media-media offline (berupa majalah dan tak terlepas dari kasus didekatinya arie oleh penerbit2x [atau sebaliknya ya? ah kabur ah, takut dikerjain sama hacker usil gw!] orang biasa-biasa gini aja kok ya dideketin ya.. untung tadi paginya sudah mandi!)

Nah kalau dari cerita versi Hendy, cek di blognya Hendy sendiri ya, semoga di post sama dia di blognya (dan semoga jangan terlalu banyak yang protes akan kendala bahasa dari pembaca yang pingin bahasa inggris di blognya hihihi).

Oke deh, jadi gathering id-ruby itu berarti mulai dari kisaran jam 12-an dan berakhir jam 5-an sore. Cukup lama kan? ;-) 5 jam bo’ . Itulah enaknya kalau gatheringnya siang-siang, o iya, btw kalo yang newbie ada satu sih tuh, beruntung ada Hendy yang sangat sangat sangat sabar menerangkan ruby maupun rails ke pemula dengan bahasa yang mudah dimengerti. Mustinya Gerry sama Eddy harus ada nih, soalnya Hendy neranginnya menurut gw sih sabar amat (standar gw sih / bukan standarnya Matz yang penyabar + baik bgt).


waduuh serius banget mukanya marcel ama hendy, arie lagi ngomong apa coba, direview…


Ooo


Tuuu… wah jago nih yang njepret.. ekspresi muka aslinya pada keliatan :-D


Wah


dari kiri ke kanan: Suheimi, Widi, Arie, Topik


Hendy dan Marcel. Komentar arie: “Naaah senyumnya Marcel ketahuan.. asiik hihihi”


dari kiri ke kanan: Hendy, Marcel, Reza


dari kiri ke kanan: Topik, Rofiq-Sensei, Hendy


dari kiri ke kanan: Rofiq-Sensei, Hendy, Marcel


Oh Pak Reza yang baik, arie kangen mainan Smalltalk lagi…

O iya, juga ngomongin screencast selanjutnya juga sih tuh si Hendy / ikutin aja di milis id-ruby postingan-postingan dia. Bagus bagus kan, ide-ide inovasi kreatif teman-teman di id-ruby ?! ;-)

Dari kiri ke kanan: “Hendy, Marcel, Reza”. Komentar arie: “Aduh Hendy + Pak Reza… gw ama marcel musti belajar senyum lebih lebar sambil liatkan gigi nih”

Dari kiri ke kanan: “Widi, Suheimi, Arie, Topik”, Komentar arie: “Ini pas widi lagi ngomongi si andry soal GTD (Get Things Done) versus TDD (Test Driven Development), nah itu didemokan sama arie langsung di laptop kalo mau pakai pragmatic, agile, TDD, SCRUM”.


Dari kiri ke kanan: “Topik_fti, Hendy, temennya Hendy (yg jepret2x kita2x)”. Komentar arie: “Itu Hendy lagi demokan sesuatu yang dasar-dasar tentang ruby untuk seorang pemula ruby seperti Topik_fti. Makasih Hendy, untuk kesabarannya terhadap pemula Ruby ;-)”.


Hendy dan Topik. Komentar arie: “Wih Hendy sabar deh… sampai pada senyum penuh pesona gitu ;-)”

OK deh, cerita id-ruby gatheringnya segitu dulu. Sekarang ini berlanjut ke soal yang sebelum dan sesudah gathering id-ruby itu sendiri (masih ada kaitannya sama kehidupan kita di ruby juga sihh)

Ceritanya pas kemaren tuh (hari sabtu, 18 agustus 2007 ato sehari sebelum kita gathering) si Hendy, gw ajak aja maen ke tempat gw :-D trus maen bareng deh kita.. ya tentu seperti biasa, sebelum coding alias mainan bareng tentu harus makan dulu, supaya arie gak ngambek trus bisa coding (gak teriak-teriak pusing-pusing melulu).


arie dan hendy di gubuk tua gua lembah gembel nestapa hix hix bersama Howang Howang dipangku

Nah kita akhirnya makan di warung bakso malang sederhana tuh, tau tau DUARRRR ada bunyi meledak, wajah hendy pun pucat… ah, tak taunya orang sebelah (ampuun buat makhluk-makhluk jenius yang melintas sini tolong jangan protes ples marah sampe yg beginian ditulis, ini biar ada kenang-kenangan kapan kita disini ngerasa excited gitu)

OK, mayasopa 2 telah dilahap (mayasopa = mie ayam campur bakso) ah kita bungkus, trus pulang lagi ke tempat, coding lagi deh kita :-D

bilang Hendy: “Mas Arie Udah bisa mainan Cruise belum?”

Heit, si arie udah jujur dan polos banget bilang: “Belum”

Gak taunya nih Hendy langsung jalanin cruise di laptop dia, toueng toueng weng weng weng weng weng….

Keren amat! Ini sih bisa saingan sama redmine nih! jadi redmine buat sekalian jadi pengganti trac ples bikinin gant chart, trus pake cruise ini buat pelototin codes yang ada di versioning repositori kita di mesin server bahkan!

argh.. ada banyak cerita sih… singkat cerita arie diculik ke Citos pas jam 7-an malemnya (pakai bluebird).

Trus dasar Hendy orangnya selalu sakaw dan gak tahan kalau gak buka komputer, ya udahlah akhirnya pesiar kita berlabuh di JCO – Citos. Pesennya sih gw pesen hot chocolate trus hendy pesen… hm, lupa gw pokoknya yg gw inget warnanya deh bukan rasanya (hihihi mimicking the reverse version of someone’s saying here)


Hendy dan Arie di JCO – Citos

Nah pas buka buka laptop juga ternyata nasib hendy di citos itu suram, gak bisa konek konek juga, padahal memang dia sudah dinasehati kalau di JKT itu jalan-jalan main, bukannya malah jadi highlander konek i’net. susah tapi emang / udah bebeul.

ya udah kita makan donat gratis deh disitu (mungkin karena melihat tampang hendy dan saya yang lebih pantas jadi gembel ketimbang waria metro seksual, lho? bah!)

ya udah pas uda gitu arie cabut trus mo cukur tapi gak jadi pas lewatin salonnya beneran deh takut + merinding, uda abis tukang cukur ceweknya, yang ada banci2 gw takut (sori, mending dicukur di kolong jembatan bayar 6,000 rupiah ketimbang sama mereka bayar 75-an ribu pula).

ah, sudahlah, terus gw ke mal matahari sambil melewati banyak kaki-kaki aduhai, oops… trus cari sandal deh buat gantiin sandal gw yang mo putus ini, sudah ketemu sih sandal yang ditaksir bagus. tapi cuma nomor 41 :-( suraam suram. Mo cari ukuran 43 ato 45 kok gak dapat dapat melulu sih, mana pelayannya pada pasang muka kurang senyum lagi (aduh, muka saya sih gara-garanya jarang senyum mungkin ya?), ya udah akhirnya cabut / pulang aja dengan menyeret-nyeret sandal khawatir putus di tengah jalan dan nyeker.

Nah udah habis. cerita sampai disitu aja. pas udah pulang, sumpah, karna penasaran dulu sih pernah liat cruise tapi gak sempat cobain, langsung aja cobain, walah kok gampang banget??? Tinggal donlot, trus cruise add projectnya trus cruise start , lah jalanin deh di localhost:3333 beres urusan, abis itu gw tinggal tidur dah.

Nah .. habis sudah ceritanya… sekarang disambung dengan cerita abis gathering yang di DETOS.

Itu ceritanya hendy sama gw sama “perwakilan mahasiswa universitas budi luhur” lesehan duduk selonjor deh di lantai bioskop DETOS 21 sambil mengepal-ngepal ajian jurus pelet (si hendy) tapi abis itu dia agak salah tingkah juga pas ditegor sama sekuriti kalau ternyata gak boleh pakai colokan listrik yg ada disana (DETOS SURAM!!! DI DETOS SUSAH CARI TEMPAT YANG ADA INTERNET GRATIS PLES COLOKAN LISTRIK!!!)

trus abis gitu, akhirnya saya ajak hendy bareng temen ke sekuriti yang pake baju sekuriti di detos lantai itu juga tanya kalau ada RESTORAN YANG ADA COLOKAN LISTRIK DAN KONEKSI INTERNET WIRELESS… tapi memang dasar Detos susah juga, adanya cuma foodcourt yang segitu-gitunya aja (woohoo Bravo Ciwalk Bandung!! Bandung is beauuutiful….)

Trus setelah berkali-kali telpon inung yang lagi coding di istana puri misteri bersarang makanan enak dan ditemani bidadari cantik jelita, akhirnya kita memutuskan untuk pergi ke PIM 2 (Pondok Indah Mall)… OKE deh.. naik bluebird lagi kita (biar jangan sampai masuk angin ini anak orang makanya pakai taksi / ga ada mobil sih, ah suram.com)

Dum dudi dudi dam dam dudi dudi dam.. sambil di taksi kita ngobrol banyak hal :-D soal mnemonics, soal gimana otak bekerja, soal memaksimalkan kemampuan seseorang, training / memberdayakan prestasi karyawan, tips trik interview pegawai baru, memperbagus resume, pekerjaan di luar negri, baik yang remote (kerja di rumah tapi kantor di luar negri) ataupun yang in site (harus disana), ah pokoknya banyak deh, buat Steve, beneran nyesel deh lo gak ngobrol bareng kita, keknya gw gak salah kalo tentuin tim pengurus ruby internasional di indonesia itu hendy ama satu lagi yang di washington itu ;-) kalo aja kita betiga bisa ngobrol bareng, Steve, pasti asik! I know what u like, man..

Ah, akhirnya sampai juga kita di PIM 2, ya udah kita makan dulu deh di Solaria, udah malam jam 7-an kan belum makan malam (awas ada yang protes ini omongin kuliner mulu’ emangnya robot apa tukang coding juga manusia perlu makan perlu istrirahhhat yesss!)


Hendy, makan di Solaria, Pondok Indah Mal 2


arie, makan naci goyeng di solaria, pondok indah mal 2

trus kita cari-cari tempat yang bisa colokin listrik sama konek, hm, di depan bioskop itu ternyata lurus aja terus di depannya tuh ada tulisan opening soon, ada tempat duduk duduk disana, trus ada colokan listrik, gw colokin deh, eit, gak taunya gak ada listrik (suram.com has been completed oh baby!) yah kita ngobrolin aja deh codes yang di kepala kita tadi (dibayangin aja pakai visualisasi tanpa nyalain komputer karena baterai udah habis). Udah yang sedikit kit kit kit itu doang, selebihnya sih obrolin soal kaki aduhai lagi (memang gw tadinya udah cerita gw pengen sandal tapi gak dapat-dapat mulu kan ciyeee / ngacirrrr).

Kira-kira jam 8-an malem kita pulang. Hey, ada yang protes ya tuh artis-artis kagak disebut, alah! mereka mah gak fenting :-P Dan singkat cerita sampailah ini gw di atas kasur sanderland gw ini lagi, tiarap – baring – balik kanan – balik kiri – bareng laptop ini tulis-tulis blog ini. Oyasumi! Au revoir!

Dibuang Sayang


Revision Control System masuk Depok, ada tulisan bazaar di lantai detos, duit seribu sebagai penghias

Comments
  1. someone says:

    Buruan minggat ke KL, trus ke Canada, Paris, London, SV, trus balik lagi deh ke Semarang sambil ongkang-ongkang… Heuheuheuehu

    someone

    :p

    Baliknya gw disuruh Jaki (Jablainya Laki-laki / Onta Perl) ke Lembang aja tuh 20 tahun lagi dari sekarang.

  2. rofiq says:

    duh panjang amat, bacanya aja sampe bebusa gw nih =))
    acaranya pokoknya geek abis deh, sampai gak ada yang berani ngedekat tuh mbak2 nya :-D

  3. Hendy Irawan says:

    Wah gw jadi malu…. (narsis abis)

    Thanks everybody yang sudah dateng :-)

    hendy

    Ayo hen, ditunggu banyak temen-temen tuh upload-an flickr foto-fotonya :-)

  4. Edy Chandra says:

    Selamat ya …… gathering lagi :D …. buat semuanya ….. semangat lagi belajar ruby lo … :)

  5. Hendy Irawan says:

    “soal mnemonics, soal gimana otak bekerja, soal memaksimalkan kemampuan seseorang, training / memberdayakan prestasi karyawan, ”

    Yep I’m *crazily* interested about these stuff, especially :)

  6. Hendy Irawan says:

    Baru pulang, eh buku Practical Ruby for System Administration kiriman dari Apress udah nongkrong di meja gw…

    Dasar nih..,.. koq ngga dari kemarin2 datengnya, kan bisa sekalian dimasukin ke perpustakaan STT Telkom hehehe

    Mungkin kapan2 ke Bandung lagi kali ye (stt telkom lagi?) buat ngasih ini, sekalian kopdar (lagi?) di Bandung? heheh

    Ato ada yang mau “nawar” buku ini? Maksudnya ditawar itu bukan dalam segi harga, tapi dalam segi kegunaan bagi masyarakat atau manusia2 sederhana yang ingin belajar Ruby (terutama orientasinya ke perpus ato komunitas non-profit)

    Thanks :)

  7. adit says:

    waaah kayaknya seru yak, save ah entar baca di rumah xixixixi

  8. Niwatori says:

    wah seru seru… :D

  9. Kania says:

    Waaaaa………..koq kakak nga diajak siy…. gitu dech adik ini. Btw, kamu imut2 cekali yah qeqeeq……Itu kabar bukunya gimana ?? Ada kabar baik nga yah ???

  10. edratna says:

    Arie,
    Awal baca, mikirnya Detos asyik banget nih (belum pernah kesana sih).
    Ujung-ujungnya…balik ke PIM 2 ya…hahaha
    Bagaimana dengan Citos?

    (Lama juga ga nengoki blog nya Arie, habis kalau udah bahasa IT jadi ga bisa komentar)

  11. Waktu di Citos? Hm.. seperti biasanya aja :-D

    (Lama juga ga nengoki blog nya Arie, habis kalau udah bahasa IT jadi ga bisa komentar)

    Wah saya jadi kepikiran punya blog sendiri aja lagi buat cerita2x/curhat life-sharing ya… ato bagusnya apa gabungin aja semua kesini ya… Hmm…

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

