Tips dan Trik : Mari Belajar Proxy Design Pattern dengan Ruby!

Posted: August 8, 2009 in RUBY
Tags: , , , , , , , , , ,

Ada link bagus untuk siapa saja Rubyist yang sedang berusaha belajar Proxy Pattern. Tulisan tersebut ditulis oleh yang membuat authlogic, satu rubygem yang buat saya pribadi telah mengganti kedudukan restful authentication plugin yang dipandang bloated dan memang beda alirannya yang serba generate-generate melulu, dalam segala minimalisnya, yang kurang dari authlogic bagi saya mungkin adalah memodelkan ACL nya saja.

Mengenai Proxy, kalau di buku Ruby Design Patterns ada di bab 10, contoh yang diberikan juga mudah, sedari awal ditekankan menulis proxy itu semudah membuat metode itu sendiri, jadi di contohnya diberikan disana tentang skenario di bank dimana klien bisa memanage semua kegiatan bankings yang klien butuh. Jadi di buku tsb diceritakan bahwa Programmer bisa saja menulis satu object BankAccount siang malam berbulan-bulan kemudian menulis lagi klien-klien yang sudah terotentikasi siang malam berbulan-bulan lagi. Kemudian di user requirement bilang kalau klien itu ga mau object BankAccount di komputer mereka, mereka maunya punya kontrol akses ke object di lokasi manapun mereka berada. Maka disanalah Proxy pattern yang menjadi jawabnya.

Mengenai apa yang ditulis di buku Ruby Design Patterns tentang menulis proxy semudah menulis metode itu sendiri, link dari binarylogic memang membuktikan itu. Untuk lebih jelas lagi kalau Anda ingin explore, Anda bisa lanjut membaca sendiri referensinya di buku Ruby Design Patterns saja, disana dibahas proteksi proxy nya bagaimana, bagaimana virtual proxy, dan memberikan contoh produk nyatanya di dRb. Satu bab tepat sebelum dibahas lagi tentang pattern Decorator.

Buat yang ingin memahami dulu Proxy itu apa sih, ini ada link nya di Wikipedia semoga bisa ada gambaran (di Wikipedia contohnya pakai Java, jadi kalau mau Design Patterns yang contohnya pakai Ruby, bisa refer ke link binarylogic saja).

Ini ada cuplikan UML nya Proxy (source: Wikipedia Proxy Pattern):

400px Proxy Pattern Diagram.svg

Ngomong-ngomong, diperhatikan dari link-link di blog posting kali ini, terbukti toh kalau dari Googling bisa dapat anugerah harta karun tak terhingga?! Makanya yang teman-teman mahasiswa yang sekarang sedang berjuang ingin kuat di Ruby harus bisa “titen” (itu istilahnya orang Jogja, Indonesianya kurang lebih “terbiasa” / “used to” kalau di Inggris) dengan Google.

Tetap SEMANGAT!

UPDATE

About these ads
Comments
  1. hendri says:

    thanks ya tulisannya ngebantu banget!

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s