catalyst, seaside, rails, DP

Posted: April 4, 2006 in ノート, Mac, RUBY, Ruby on Rails, Seaside

setelah ngomong2 dg seorang teman, dia ada nyinggung soal catalyst.. hmm a curmudgeon smell here.. coba ah.. sightseeing doang tapi loh! awas kalo tanya2 ttg catalyst ini sampe jauh2!

$ perl -MCPAN -e ‘install Task::Catalyst’

bretetetet.. ditanya macam2 padahal sudah auto configure.. i admit it, memang gini nih kelebihannya kalau disebut2 fleksibel apa2 ya setel sendiri / jadi inget debian hmm..

trus liat cpan ada support banyak, ya yang dari background ruby/rails mesti ngelirik authentication, sebab di rails kita biasa dg rails engine ato plugin, jadi ga kek AR yg super duper powerful itu.

trus ada sms, ada .. uh banyak banyak .. pake perl .. keren ih .. tapi ini nginstall aja lamanya minta ampun ditanya tanya melulu’ gw aja kali yg bego ye hihihi ya udah akhir nya pake CatInBox .. well maybe it’s a kind of locomotive di dunia rails di macosx ato seperti instant rails di win (walau tetap aja masi jauh yg win ini sampe 17kali injek juga dibanding yang di macosx :-P ).

nah nah .. skg liat tutorialnya wuh asik nih .. tapi rada gimana gitu dg OO perl gitu , MVC nya ya mirip sama rails .. tapi utk TT gw nggak ngeh ah .. enakan erb, rhtml, apalagi rjs sekarang. walau memang kalo kita mo jujur banding2in gw lebih prefer seaside deh, apa2 tinggal tulis smalltalk code biasa aja.. bersih.. simple.. tapi sayang dokumentasinya belum serame/seasik rails, baik utk seaside, lebih2 catalyst.

tulisan diary gw ini mungkin ibarat setetes aja dibanding dg comparison yg bisa dibaca sendiri disini. ini sekedar tulisan nurutin kata hati eh kata agama gw aja. bagi gw yg agamanya ruby ya prefer nya rails lah. adapun seaside kenapa kok gw demen banget, abis simple nya itu tapi powerful. tombol / link nya pada innocent tapi whop bisa secanggih itu. intinya .. ya sesuaikan kebutuhan aja.. yang penting kuasai benar teori nya, design pattern, design db, design language.. wow.. arie arie … you really gotta learn a lot!

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s