Pragmatic Programmer

Posted: January 15, 2007 in RUBY

Alhamdulillah (Thanks God) Teman2 dari dulu njulukin gw dg julukan yg bagus2 : senang pragmatic, pragmatic programmer, fanatik pragmatic, dst. -_- Dulu waktu SMA pernah gabung di English Club (Namanya NG:Next Generation), pernah digelari Mr. Dictionary, bah! padahal waktu dulu itu vocab perasaan biasa2 aja koq. Jadi inget nasihat Pak Onno dulu, Pokoknya belajar aja terus, sampe tau-tau ngga kerasa, kita sudah diatas, dari yg sharing tadi kamu yang belajar, tau-tau pas kamu sharing orang yang jadi belajar. Hmm.. makasi Pak Onno nasihat atas racun Linux nya yg paten.

pp_cover_small

Ada banyak yang gw suka memang dari buku-buku Pragmatic. Buku ini adalah salah satunya : The Pragmatic Programmer: From Journeyman to Master. Bukunya bagus banget, banyak petuah2 berguna, dibawah ini adalah satu diantara banyak petuah2 tsb.

  • Seorang investor yang serius punya kebiasaan berinvestasi secara kontinyu.
  • Diversifikasi merupakan kunci kesuksesan jangka panjang.
  • Investor yang pintar menyeimbangkan portfolio mereka antara investasi-investasi konservatif dan resiko tinggi, reward (penghargaan) tinggi.
  • Investor mencoba membeli dgn harga rendah dan menjual tinggi untuk hasil yang maksimal.
  • Portfolio seharusnya secara periodik direview dan diseimbangkan.

Di dunia IT pun demikian, kita harus mengatur portfolio ngelmu dgn beberapa hal berikut:

  • Investasi secara kontinyu. Bahkan walau kecil, kebiasaan berinvestasi portfolio ini penting bila dijumlahkan totalnya. Beruntunglah buat orang2 IT yang sudah disediakan/didukung dari kantornya untuk investasi ilmu secara kontinyu ini baik dari segi finansial sampai ke soal waktu dan mesin/teknologi yang dibutuhkan (selalu ngelmu/selalu bereksperimen dgn hal2 baru). Bagi yang kurang beruntung, lihat poin 4 dan 3 dari model pragmatic programmer ini, jadi kalau dihitung2 kita tetap akan sangat diuntungkan walau keluar uang sendiri utk investasi.
  • Diluaskan. Semakin banyak varian-varian yang kita tau, semakin kita menjadi valueable. Kita musti tau pro kontra tentang teknologi yang kita pakai sekarang. Tapi jangan berhenti disitu. Kenyataan dunia IT (Teknologi Informasi) yang berkembang sangat cepat di saat ini bisa jadi dekat dgn hal2 yang nggak berguna (atau paling nggak: nggak sesuai dgn demand) besok-besok. Semakin banyak teknologi yang kita nyaman dengannya, semakin baik lagi kita dalam melakukan penyesuaian2. Mis. kalau sudah bisa Ruby, berarti mainan Haskell, C++ apa Smalltalk. Trus mainan bahasa-bahasa yang baru ditemukan, seperti OOk, Pluvo, dll. Kalau gw pribadi sukanya dgn bahasa yang makin menguatkan ilmu konsep2 programming yg gw punya, jadi biasanya itu buku teori, design software, dll. Bahasa gampangnya biar gw bener2 makin menjiwai bahasa-bahasa IT yg gw pegang. Ada lagi buku-buku seperti Ruby Quiz maupun adaptasinya dalam Haskell Quiz, maupun juga yang bentuknya teori yang dibahasakan ke C atau Pascal atau Perl, itu juga gw suka banget, buat selalu ngelatih algoritma.
  • Mengatur resiko. Teknologi ada bersamaan dengan resiko yg ada, secara potensial reward tinggi untuk resiko rendah, penghargaan rendah itu standar. Menginvestasikan semua duit kita jelas nggak bagus, ataupun investasi yg konservatif sehingga malah kehilangan kesempatan. Jangan menggantungkan kemampuan teknik kita dalam satu keranjang. Gw sangat optimis seiring dengan pengalaman kita semakin bijak dalam mengatur resiko ini.
  • Beli murah, jual mahal. Belajar teknologi baru sebelum teknologi tersebut populer memang ngga bisa dibilang mudah, tapi jawaban setelah itu adalah reward. Belajar Java ketika pertama kali Java keluar beresiko tinggi, tapi penghargaan yang didapatkan bisa kita lihat sendiri dari yg sekarang sudah jadi tokoh2 di Java (di Indonesia aja contohnya). Begitu pula dgn bahasa2 basis orientasi objek selain Java seperti Ruby misalnya.
  • Selalu melakukan review dan balancing. IT merupakan lahan industri yang sangat dinamis. Teknologi panas yang kemaren kita investasi bisa jadi sekarang udah jadi dingin. Maka selalu lakukan review dan balancing, mengetahui seluk beluk teknologi database baru yg belum dikuasai, karna bisa jadi Anda akan mendapatkan kebanjiran penawaran posisi pekerjaan baru yang lebih baik setelah melakukan poin pragmatic ini.

Ya, dari buku Pragmatic cuma sampe diatas, tapi kalo gw masih belum cukup, karna gw hobi bahasa, dari bahasa komputer sampai bahasa manusia walau gw sadar gw kurang manusiawi dan jarang/sangat malas utk ngomong dgn manusia apalagi basa-basi senyum nyengir2 tanpa arah (baik itu demi simpatik, ataupun alasan2 lain yg gw ignorant). So, buat gw, belajar bahasa asing itu penting, sebetulnya buat gw belajar otodidak bahasa asing sama aja seperti ngutak atik mainan Lego (mainan gw sewaktu kecil dulu), makanya kalau gw dihadiahi Lego Mindstorm pasti atmosphere nya gw seneng banget :) Bahasa asing apa yang akan kita pelajari? Ya itu tergantung dari selera kita masing2. Kalo gw karna suka dgn kota Kyoto, walau gak ada niatan hidup di sana, tapi gw paling2 akan jalan2 saja kesana berlibur, begitu pula karna gw senang dgn sastra, seni, literatur perancis, maka prancis adalah bahasa kedua yang pertama kali gw pelajari dulu setelah gw bisa bahasa inggris waktu gw SMA dulu itu, baru setelah itu Jepang. Bahasa gampangnya, rumput tetangga lebih hijau. Pingin2 barang baru barang masi mulus sih emang sulit, tapi yang lebih sulit adalah merawatnya, menjaganya, dalam hal bahasa begitu juga, bahasa Prancis, Jepang, itu sih bahasa yang gampang, yang sulit adalah menjaganya secara kontinyu supaya jangan sampai hilang. Caranya? Gampang, yg penting ada kemauan, ada kemauan ada jalan, di Internet tersedia lebar buku2, koran2, sampai radio online bahasa asing yg diminati itu. Jadi semua ujung2nya ya tinggal kemauan, kemampuan (tenaga, financial), dan waktu.

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

