Ruby Bawaan Buah dihapus Satu-Satu! # Benci tapi Sayang Apel Bagian 2

Posted: February 5, 2007 in ノート

Ini buat ngelanjut soal kelingking prihatin di Laptop. Ada lagi: hapus satu satu itu ternyata benar :(( teriak deh nangis dulu keras-keras sana!

Kalau biasa dengan nyaman di Debian Linux yang dimanja apt-get ataupun biasa di Fedora Linux yang dimanja dengan yum, di Apple ternyata buat hapus Ruby default musti hapus satu-satu!!!

Gw tadinya nggak yakin Mas Dicky ngasitau (duluuu banget/sekitar 1 tahun lalu deh lewat milis id-mac), beliau bilang: seperti nghapus software2 yang biasa elo compile sendiri.. ya begitu juga dengan Ruby tersebut.

Tapi, setelah di milis ruby-talk ada diskusi gimana buat nghapus Ruby 1.8.2 bawaan Mac OS X… ahhh disitulah tepatnya era dimana hancurnya hatiku berkeping-keping (hus! bahasanya suka didramatisir ato pakek majas hiperbola sih, dasar pujangga! atau penyangga?! serangga aja gimana?! kan arie itu kalau bahasa jepang artinya tuan semut, biar kayak teman arie yang namanya uda bagus-bagus biasa dipake’in jadi tuan ayam = niwatori-san)

disana teman-teman rubyist pada cerita kalo memang ternyata kalo mo nghapus ya dihapus aja satu-satu. ihik ihik

andaikan ada OS yang bisa gem uninstall software-bawaannya enak banget tuh jadi kayak Ruby ;-)

Loh memangnya kenapa (yang suka pakai frase:ada apa tikam saja! mau muntah klenger saking eneg nya film cengeng begitu / apalagi film hantu murahan) dengan Ruby bawaan? Tanya ken apa?! Karena Ruby masih jadi anak tiri!

balik lagi ke soal mau hapus Ruby bawaan tadi.. jadi ini urusan sentimen tapi sayang buah apel nya uda cukup sampe diatas tadi aja ya. Ada yang nasihatin sebaiknya jangan dihapus itu Ruby 1.8.2 bawaan.. cukup setel aja Path nya yang benar ke Ruby yang diinginkan.

Kalau si ariekeren sih beda lagi, dulu memang pernah nghapus Ruby bawaan itu … satu-satu! asli! I felt soo stupid doing that, arghghgh apel sialan (tapi sayang). tapi pas reboot gubrak error sana error sini, hayuu’ .. ya udah akhirnya format ulang Mac OS X nya, waktu itu untung masih enak ada Wasabi ;-)

Harapan gw, semoga aja Leopard keluar yang katanya nanti mau kasih bawaan Rails disana (berarti otomatis Ruby nya juga udah ada). lebih bisa memuaskan. Untuk update nya pun bisa diberikan kenyamanan lagi berupa paket dmg dari apple seperti software-software UNIX lainnya di Apple Support.

Supaya kita-kita Rubyist ini bisa dengan mudah untuk tujuan apa kita punya Ruby. Kalau buat yang mau cepat selesai (proyek-proyek skala besar dan serius) ya pakai Ruby yang dari Apple (yang sudah betul-betul matang).. Kalau buat masturbasi pikiran dan mendukung kebiasaan massochist kita memang punya cerita tersendiri, kita bisa aja dengan mudah download file file source code Ruby dari ruby-lang untuk di compile buat dipakek di Mac masing-masing dimainin Ruby versi sekian begini Ruby versi sekian begitu. Duh ini apa mau jadi kayak ~why versi Indonesia yang banyak makan ya.. :-B

Gw ngomong gini jujur aja sambil ngancam, awas ya… gw kalau tiap hari diracunin jagowan pakai Linux.. apalagi jurus Slackware beliau yang serba jitu itu, Gw akan lebih membenci Mac lagi! benci tapi rindu! komplain tapi sayang! oh iPhone.. I miss u.

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s