Sayang Emacs Sayang Emacs

Posted: February 5, 2007 in ノート

Gara-gara sayang + cinta Emacs, pakai powerbook (Mac Laptop) gini yang tombol Control nya satu doang di pinggir kiri, jari kelingking gw pegel juga ya hiks… Jadi pengen punya keyboard normal yg buat Kompie Desktop nih.

Darn Apple Product’s Issues

Ideal nya gw pingin sekali beli barang itu bisa multi fungsi dan awet (umurnya ga pendek). Tentu purna jual sangat gw perhatikan. Kayak HP CDMA yang biasa tapi bisa sekaligus jadi radio ;-)

Sekarang kalau beli Apple Keyboard harganya sih mungkin aja terjangkau buat gw, tapi apakah bisa dipakai di Komputer PC???? I told u I hate Apple’s monopoli hardware, I hate Apple community being “macinoritas” yang gw pingin Hardware Apple ga harus sama Apple! komunitas Apple juga bukan minoritas, seenggak2nya fifty fifty dengan dunia PC (maksud gw yang OS nya bukan Windows! baca Bintang NIX, Solaris, dst).

Lah kalau gw nanti sudah punya Laptop PC (yg isinya dual:Win sama Linux) trus mo gw pake keyboard nya gimana? Gw mau pakai Windows nya biar buat sekalian bisa nonton TV (di Laptop), sekalian dengar radio, tanya ken apa?! salahkan saja Apple! Kenapa bikin produk nggak bisa dipake sekalian jadi TV, sekalian jadi radio! Jangan bisanya cuma menguras uang, keringat dan darah kita orang Indonesia ya Apel, dengan harga mahal hayo coba bikin produk yang bisa sesuai keinginan si fanatik-fanatik apple user ini dong :p Buat penyanyi2 Apel (baca:Pedagang Apel yg mo bela-belain) silakan nyanyi di pojok masing2 kalo mau.. kalo ini itu nggak mahal kok cuma nambah 200 dolar aja. nambah ini itu murah kok cuma nambah 100 dolar nanti kan cuma jadi 1100 dolar… silakan saja juga buat mereka yang njual lagi apel nya buat beli susu anaknya. Kecepatan compile ataupun mainan Rubygems aja dibanding Powerbook ini masih lebih cepat komputer Linux gw yang harganya cuma 3 juta. Berani jual mahal musti berani kasih fitur lebih! Duit sudah ada, fitur belum ada, ya nggak usah beli. Atau, mungkin bisa juga beli, tapi prihatin (kasihan jari kelingking nih).

Dulu pernah temen gw nanya, kalo apel mousenya satu tombol apa gak ribet? Aih gobloknya arie dulu itu gw kirain temen gw ini nanya soal mouse yang canggih yang tombol tengahnya bisa diputar kemana-mana itu, plus kliknya ngga kelihatan itu.. pas gw inspeksi betulan ke Ratu Plaza di Ibox betulan gw lihat ada itu mouse yang tombolnya satu doang. Lah gw tanyain kalau mau klik kanan gimana nih? Jadi kayak Touchpad juga ya? Iya katanya. Gubrak! Repot amir.. Keyboardnya di sebelah sono, Mouse nya di sebelah sono, gw contohin deh sekalian belagak pencet sana sini demi klik kanan doang. apeel apel. bisaaa aja praktek bisnis lu! tukang engineer yg jenius2 di belakang sana (orang apel) boleh ketawa2 ya bareng marketingnya ;-)

Sekarang, tambah ribet lagi : gw pingin keyboard yang lepas! jadi kanan sama kirinya terpisah. Tapi OK lah kalau itu memang masih sulit dicari di zaman teknologi informasi yang masih primitif seperti sekarang!!! Spesifikasi nya gw degradasi: gw pingin keyboard yang bengkok! seperti huruf “V”! Kemaren dulu gw sempat lihat waktu di ruang Danny Rukmana pakeknya keyboard bengkok gitu tuh, beli dimana ya?! Curiga gw dibawa pulang dari Amrik dulu itu ya???

Ini dari dulu, pernah ketemu, sampe lewat imel-imel-an, ketemunya L4 (Lo Lagi Lo Lagi), alias teman gw si direktur itu lagi itu lagi (namanya gw males ngomong aaah… soalnya pakeknya Java sih hehehe) nawarin gw pakek aja keyboard dia juga bengkok tuh, seperti V, dia bilang dia malah kesulitan pakai keyboard bengkok gitu. Tapi, keyboardnya layout Jerman!

Hayyah! arghhghghghghh…. memang benar-benar abad primitif! padahal sudah spesifikasi nya di degradasi masih aja sulit dicari, padahal ini kan Jakarta, yang katanya mau apa aja ada. Gw kan cari yang layout US normal aja, bukan yang bahasa yang gw belum bisa (awas ya, someday when I can speak German, I’ll laugh at myself loudly! Moron!) gw kan ngga cari yang aneh-aneh, mis. layout harus tulisan Cina atau Jepang. (Kalo ini sih baru gw bilang sama aja ngeledek pedagang keyboard Indonesia, nyari koq di Indonesia, ya ke Jepang sana!)

Dari degradasi gw ini sebetulnya, ada 2 macam : yang pertama, yang bengkok dan tetap bengkok, yang satunya lagi, bisa di KEPRAKKK!!! bukan bunyi patah ya.. tapi memang bisa jadi lurus, trus di KEPRAKKKK!!! bisa bengkok lagi, itu pernah ada di shooting film Hacker (judulnya gw ga hapal).

v_keyboard

separated_keyboard

Jadi gimana ini solusinya?? Kasihan sekali jari kelingking kiri si ariekeren … Siapakah yang harus dibenci? Emacs kah (karena harus pencet Control melulu yang di Powerbook cuma disediakan satu tombol doang), atau kah Mac Powerbook nya aja yang dibenci, ah … masa’ benci dibenci yang jadi solusi. Hari gini kek gitu lo sebut solusi? invasi kali. Loh, memangnya kenapa dengan TextMate? Bukannya itu sudah surga di Mac? I told u I’m not an only Mac User at one time bakayaro! Karena gw biasa pegang sekaligus banyak mesin! satu laptop mac, satu komputer desktop (Linux FC), satu mesin di remote ada di Kuningan.. ada mesin lagi di remote di lantai sekian… di lantai sekian… Mana TextMate cuma monopoli dunia Mac aja lagi! Huh! Kata kata Allan Odgard mau bikinin TextMate di Windows cuma isapan jempol, lah dia biasa cocoa gitu, mo dipake jalan di Windows yang jelek.. biar mau Vista kek, mau Vespa kek, mau Peston kek, mau Pistol kek. Hoh, trus ViM yang dicinta itu gimana? Ya itu juga dipake’! Ribet ya? Ngga… kalau iklimnya sudah terbiasa dengan banyak gaya, banyak bahasa, banyak cara bisa macem2 gitu biasa aja. Jadi kalau ketemu orang yang bisanya ngomong Inggris doang, ya uda ngomong Inggris nya dipake’. Yang bisanya Jepang doang, ya uda tinggal ngomong Jepang.. Gitu.

Jadi solusinya gimana ya?! Biar pun tanya atau diomongin juga kalau spesifikasi yang sudah di degradasi dengan dunia primitif tadi pun juga biasanya akan ditertawakan oleh orang-orang primitif, ah aneh-aneh saja… susah sekali requirement nya … ah ribet ah… dan sebagainya. Ya.. maklum lah..

Pakai keyboard yang general use aja dulu kali ya. Ni sementara kalau lihat tangan nya arie, boleh-boleh aja menunjukkan mata yang murung, suram … Dasar Nasib!

Ooooh iya, dulu gw pernah juga ribut cari harddisk ukuran gede, trus ngomong2 sampe udah serius bener mau ganti harddisk internal gw jadi 150 Giga doang. yang bayarnya kalo ga salah 2 juta berapa gitu gw inget persisnya … tapi ada bagusnya ada hikmahnya juga tu yang nawarin gak bisa datang ke tempat gw buat pasangin di tempat gw, karna sekitar 1 bulan yang lalu dunia maya kita ini sudah tersedia gudang buat simpen-simpen data. huehehe … lagipula tinggal backup aja masuk CD. Sayang kalau ada DVD Writer sih malah maunya backup ke DVD. Lumayan penghematan besar tu 2jt-an, kalau dipake buat beli Es Cendol bisa sampe dipake mandi-mandi sekalian.

Sayang Emacs Sayang Emacs

Yang Onta (Perl Hacker) punya Mac karena teman-teman bulenya Perl Hacker di kulon sono pake Mac pun bernyanyi. Yang Rubyist punya Mac karena teman-teman bulenya Rubyist di Jepang + Barat sana pake Mac juga berdansa. Yang Rubyist si Dave pakek Mac tapi bilang Mac is no better than Linux silakan. Yang Rubyist ngefans sama Matz pake Linux silakan. Dia yang mbikin Ruby dia pakai Emacs. Nah lo! Jadi, postgres ruby, emacs ruby dapet dukungan langsung dari yang bikin…Yang Railers pake Mac demi TextMate ato diracun DHH si Nazi Mac sukurin biar tau rasa. Yang Smalltalker juga pada pakek Mac. Ayo ayo ayo… sayang Mac sayang Mac

eh… Sayang Emacs Sayang Emacs = kelingking kiri prihatin kelingking prihatin

Comments
  1. Hendy Irawan says:

    Oke nanti gw coba beli MS Comfort Curve 2000 Keyboard USB yang bengkok itu…

    Tunggu aja reviewnya :)

    BTW “murah” koq cuma 190rb :) [demi sebuah keyboard, naudzubillah….]

    (tapi tangan manusia kan lebih mahal dari keyboard…)

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

