Ruby dan Rails, di Seputar Kita

Posted: June 4, 2007 in ノート, CAMPUR CAMPUR, RUBY, Ruby on Rails, Svn, Technology

Hari Kamis Tanggal 31 Mei 2007 akhirnya Hendra menyelesaikan tugas untuk dosennya (Pak Budi Rahardjo) mengenai STUDY SISTEM KEAMANAN RUBY ON RAILS, ya bisa didownload langsung di link ini, semoga linknya jangan berubah-berubah, tetap-tetaplah disitu selalu supaya link ini di masa yang akan datang bisa selalu dapat dan tidak akan menjadi link mati. Hendra yang berbaik hati selain mengirimkan sharing tentang tugasnya ke milis id-ruby juga meminta saya untuk mereview bahasan Hendra. OK, terima kasih Hendra, kami pasti membahas ini sesuai lanjutannya di milis ya.. ;-)

Tanggal 23 Mei 2007 bahasan tentang DBI di Perl ternyata di bahasa lain (baca: PHP, Python, dan Ruby) sampai hari ini (tanggal 4 Juni 2007) tidak ada (belum ada) jawaban yang jitu/tepat sasaran seperti tauladan baik yang diberikan di kultur DBI di Perl (yang merupakan bahasa yang dituakan). Wishing such great tools (other than Perl DBI) could be much more mature and friendly, of course if I’ve got time I’ll help as much as I can to make Ruby DBI more friendly.

Tanggal 27 Mei 2007 Pak Bambang meluncurkan XRails lewat pesan ini dan di blognya, Pak Bambang juga ada kelanjutan tentang XRails ini, terus terang saya pribadi tidak sempat ikutan ngetes (walau padahal pingin/alasan saya seperti biasa, yg menurut banyak teman-teman saya kategori alasan saya sudah termasuk sangat membosankan dan sudah klasik[sibuk kerjaan]), semoga ada kelanjutan dan kabar-kabar dari yang ngetes dan pemakainya ya… Saya lihat, kalau Linux sudah saking friendly seperti sekarang ini sampai-sampai rails saja ada yang membuatkan semacam one-click-installer seperti di instant-rails windows maupun locomotive di mac. Ah, alangkah indahnya…. Selalu dikabar-kabari ya kelanjutannya.

sharingfoto.png
Di bulan Mei 2007 ini juga Aria sharing tentang sharingfoto yang berbasis Rails (yg sebetulnya jauh jauh hari sebelum itu saya sudah tau, dikasitau sama temannya aria ;-) yang teman si arie juga, namanya …. eng ing eng…. sori, belum minta ijin sama orangnya jadi namanya ga berani nulis ntar khawatir yang bersangkutan sangat pemalu). Ya, intinya selamat ya. Semoga semakin jaya, semakin nyaman, semakin besar/free space nya, bisa saingan sama flickr.com at least bisa mengalihkan saya yang selama ini terbiasa upload ke flickr lalu pasang linknya dari blog ngelink ke flickr sana, menjadi akan ngelink flickr ke sharingfoto ;-) Semoga.

wikipedia.png
Tanggal 16 Mei 2007 Stian meluncurkan zip-doc ini adalah proyek open source untuk membaca wikipedia secara offline. Setelah sebelumnya Stian juga meluncurkan boxroom-stian ini merupakan kelanjutan maintenance serius oleh stian akan boxroom setelah kurang mendapat tanggapan dari pembuat aslinya (mungkin alasannya seperti biasa dan sudah klasik, sibuk, tapi tidak mau memberikan izin pada orang lain untuk take over menghandle secara serius proyek open sourcenya). Untuk yang boxroom ini, saya sendiri sudah menyatakan siap mendukung dengan commit codes langsung ke git repositorinya, tapi sayang sungguh sayang sekali sampai detik ini saya belum juga commit commit padahal ada banyak sekali codes di kepala saya yang ingin saya salurkan ke codes stian tersebut, tapi terus terang saya masih belum sempat juga untuk belajar git lebih jauh, jadi … ya, pokoknya buat stian, ini pasti akan saya kerjakan, tunggu hasil commit saya saja ya, saya malas ceritakan disini (lebih suka kalau langsung dilihat git commit codesnya saja)…. Oo iya, kalau stian kurang yakin sama keterlambatan/ketertundaan commit boxroom stian (apalagi ditambah dengan alasan klasik yg boring boring boooriiiing banget, yaitu sibuk), ada analogi yang sedikit melenceng dari ruby, kalau contact ke moderator suatu milis (nanti kalau berminat/yg request saja yang akan saya kasih alamat kontaknya sori) saya pernah tertunda ke beliau tapi akhirnya selesai juga ;-) Oh iya, saat ini Stian sudah berada di Norway, enjoy your life, my friend.

Di bulan Mei juga, ternyata selain tidak ada gathering, terutama technical gathering, juga bagi yang sangat sangat suka dengan Google Reader bisa membaca posting id-ruby lewat Feed, bisa lewat feed basis http://www.mail-archive.com/id-ruby@yahoogroups.com/maillist.xml, bisa lewat feed basis gmane – http://dir.gmane.org/gmane.comp.lang.ruby.region.indonesia/, bisa juga lewat feed yang disediakan yahoogroups langsung. Jadi tinggal pilih saja, mau pilih yang per satu email selalu dapat bisa, pilih digest bisa, pilih no email bisa, pilih baca-baca lewat feed/atom/rss juga bisa, mau baca arsip milis juga bisa secara lengkap lewat links-links yang sudah disediakan fasilitasnya oleh yahoogroups di sini / BTW selalu ingatkan/dukung saya kalau saya kelupaan atau saya terlalu sibuk untuk terus mengupdate isi link arsip di links id-ruby tersebut ya ;-) Oh, caranya tadi bagi yang belum biasa dengan Google Reader, bisa baca howto nya yang singkat banget tournya di situs ybs langsung, atau langsung saja copy paste link link basis xml/feed/rdf/rss/atom dari posting saya di blog ini tadi / link2 tadi ke link Add di Google Reader. Sedikit bocoran nih, kalau resep saya biasanya kalau suka dengan posting tertentu di suatu milis, yang biasa saya ikuti adalah dengan cara intip di Google Reader (harap maklum karena saya aktif di banyak milis/sampai lupa+capek+bosen saya kalau ditanya totalnya ikut di milis apa saja dan ada berapa), akan saya kasih tanda bintang Google itu, supaya memudahkan, mungkin nanti akan lebih memudahkan lagi bila mendukung Label seperti akses di Gmail. Tinggal soal pencarian, tentu kita sudah tidak akan kesusahan lagi dengan dukungan situs-situs besar nan serius seperti arsip milis yang tadi sudah saya sebut termasuk juga mesin pencari semacam yahoo, google dan seterusnya itu.

Mengenai DVD Ruby Offline yang dulu sudah pernah didengung-dengungkan oleh Stian dan saya juga teman-teman rubyist lain, baik di milis ruby-talk internasional langsung maupun di id-ruby lokal di Indonesia, di bulan mei 2007 itu juga ada dua CD yang sudah berada di tangan anak Fave Binus, yaitu Irfani untuk memperjuangkan DVD Ruby Offline ini. Irfani beserta teman-temannya bisa jadi sedang bergembira ria (termasuk pusing ria nggak? :-) mungkin sedang mengetes rubygems-rubygems yang sudah saya copy kan dari mirror rubygems di indonesia sini. Terus selalu diceritakan ya perkembangannya.

Mengenai situs Ruby Indonesia (Termasuk didalamnya [milis] Rails Indonesia tentunya), sedang dikerjakan oleh Andry dengan hosting lokal di MWN, yang saya lihat ternyata di MWN sudah siap dengan ruby versi 1.8.5, rails, rake, gem, svn… sehingga semoga akan memudahkan bagi siapa saja yang mengerjakan ini. Kita nanti akan ada lumayan banyak alternatif pilihan, tentu ini sama sekali tidak ada dimaksudkan untuk menjadi ajang saing-saingan, tetapi lebih pada banyaknya pilihan-pilihan resource/sumber daya Ruby dan Rails kita di Indonesia, ada yang sudah ada berbasis Radiant oleh Hendy yang dulu sudah lama online (tapi dalam perkembangannya updatenya sangat minim, nanti ini perlu pembicaraan lebih serius lagi agar kita semua bisa aktif mendukung dan hidup situs-situs dan wikinya), demikian pula yang sedang Andry kerjakan sekarang (katanya basis Mephisto + dihack sendiri), semoga nanti juga akan ada aggregator, hmmm.. semacam planet terasi atau merdeka atau blog yang united/berkumpul khusus untuk penghuni id-ruby. Dan tentunya juga ada yang pasti resource dari Ruby-Lang Internasional, ya, hasil kerjasama kami dan moderator ruby-talk internasional sana secara langsung. ;-) Semua (ketiga-tiga alternatif tersebut diatas) adalah berbasis rails codes yang sudah ada, jadi bukan coding sendiri seperti bikinan saya yang ternyata sampai hari ini selalu saja tersendat-sendat karena alasan yang sangat sangat membosankan dan klasik, biasa, sibuk kerjaan (padahal yang dikerjakan juga sama, ruby lagi ruby lagi, rails lagi rails lagi.). Dari saya pribadi yang paling penting walau nanti makin membesar dan makin semakin membesar situsnya, pokoknya situsnya harus cepat dan mudah diakses, ini makanya saya cenderung pilih hosting di dalam negri saja, kalau kita orang Indonesia yang mayoritas faqir bandwidth ini bisa akses ke lokal, mengapa harus ke luar negri, berbeda halnya dengan teman-teman kita anggota-anggota id-ruby yang saat ini berada/tinggal di luar negri dan punya akses internet cepat, tentu mengakses ke indonesia tidak akan menjadi masalah sama sekali. Oh iya, tidak lupa, mengenai situs-situs ini tadi buat para spammer dan hacker, kalau mau hack, hacklah, kalau mau spam, spamlah, semoga dengan begitu semakin kita ini semua (Rubyist + Railers + Rubyist di Indonesia dan semuanya di belahan dunia manapun) menjadi semakin serius mengurusnya. Tinggal setelah ngehack maupun nyepam, terserah moral pelaku saja, mau disebarkan atau dijapri saja hehehe ;-) winking winking ke beberapa makhluk yang status dirahasiakan demi kenyamanan dan keakraban bersama. Nough said :-P

Selain situs, wiki, dan hal-hal lain yang berbau web resmi di Indonesia, ada lagi yang kurang yaitu nuansa video di Ruby maupun Rails Indonesia. Yang ada ternyata baru di Wikipedia Offline Stian itu pun cuma satu itu screencastnya, tapi bagusnya kualitas screencast stian dari linux itu termasuk bagus. Semoga untuk proyek proyek Ruby dan Rails basis Indonesia juga semakin maju dalam hal screencast ini, filosofinya sederhana saja, mayoritas orang itu malas membaca, sukanya menonton, show it, don’t just talk. Semoga kita bisa semakin banyak lagi belajar dan selalu maju dan bangkit (walau tentu mungkin sebelum-sebelumnya juga pernah terjatuh dan terseok-seok tapi tak akan pernah putus semangat) untuk terus berkembang menjadi lebih baik lagi. Amin. Semoga.-

Comments
  1. arie says:

    Bagi yang ingin ikut berpartisipasi memberikan feedback ke google utk mengimprove Google Reader bisa edit ini http://groups.google.com/group/Google-Labs-Reader/web/suggestions%20for%20google%20reader

    Oh iya, ini shared Google Reader ariekeren (yang sangat sangat sering terupdate)
    http://www.google.com/reader/shared/09943340861466274473

  2. adit says:

    GANBATTE NE arie-san ^_^

  3. Kuy says:

    wah terima kasih sudah disebut2 Sharingfoto.com-nya :D Mohon dukungan dan doa restunya. Sori baru nemu postingannya sekarang..

    Btw bentar lagi bisa multiple upload dan blog embedding seperti layaknya fitur ngeshare di email sekarang. So stay tune!

  4. sandro says:

    saya pengguna baru ruby,,, mau tanya gmana penggunaan ruby offline,, sebelumnya saya menggunakan PHP dng server apache, nah kl di ruby gmana aturannya, seperti penyimpanan file d htdocs u/ apache dan akses dng localhost….???

    sandro

    wah maaf ini saya nggak menjawab seperti exact jawaban yang diharapkan, mungkin bisa refer tanya ke teman-teman rubyist indonesia di milis Ruby Indonesia.

    Sekedar berbagi, kalau saya pribadi dari awal belajar dulu biasanya saya pakai webrick aja untuk main di komputer sendiri. Kemudian kalau di kantor sewaktu di Jakarta itu saya biasa pakai lighttpd yang berkombinasi dengan mongrel. Kemudian sekarang di kantor basis Amrik gini di Kuala Lumpur saya nggak pake gituan lagi, jadi saya pake nginx dan mongrel. Di balik layar teman-teman rubyist kita disini juga bereksperimen (jadi ya kita sama-sama belajar begitulah ya) sama thin, dan hal-hal hot baru lainnya.

    oke. segitu dulu.

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

