ruby-lang.org Indonesia

Posted: July 10, 2007 in id-ruby, RUBY

Akhirnya Situs Resmi Ruby Indonesia launch! Situs Resmi Ruby Indonesia ini statusnya masih berupa reviewed, ya, masih ada beberapa halaman yang buat saya masih perlu saya review hingga 10 kali dulu, misalkan untuk halaman ini mungkin bila masih ada yang kurang puas saya akan merekomendasi Steven Haryanto dan/atau Edwin Pratomo untuk membenahi.

Berikut ini adalah penggalan perkataan yang terucap dari Yohanes ke email kita (Team):

Saya OK dengan launch incomplete selama community page link ke
resources ID.

Saya OK juga karena page2x yang menurut saya paling penting
yaitu Community dan set ‘From Language … to Ruby’ pages sudah
ditranslate.

YS

Lalu bagaimana dengan cuplikan-cuplikan kejadian yang sudah terlontar dari ArieKeren dan Hendy? :-) Yah, kalau Hendy bisa sambil kita intip di RubyInside yang beken di dunia Ruby Internasional itu aja ya ;-) Kalau ArieKeren, yah isi blog aja ini aja ya ;-)

FYI, team ruby-lang.org Indonesia ini bertiga yaitu : Yohanes Santoso, Hendy Irawan dan saya (Arie). Jadi metodologi kerjanya kita lewat email karena Yohanes berada di Washington, sementara Hendy karena berada di Kediri (sama-sama di Indonesia juga) jadi bisa langsung saya telpon dari Jakarta. Adapun kalau kerjasama kita ngobrol bareng Matz cukup lewat email, juga dengan Curt Hibbs sebagai orang-orang pengurus Ruby Internasional. Halo Halo Halo teman-teman bule yang kesasar ke blog ini :-D

Ini page home nya

ruby-lang-org-home.png

Ini page tentang Ruby, eh BTW foto Matz keren ya ;-) jadi pengen ngoleksi gw..

tentang-ruby.png

Ini page download Ruby gimana, gimana cara install ruby di windows, di anu, di anu, di mac, di linux anu, ubuntu, fedora, freebsd, solaris, dan seterusnya

download-ruby.png

ruby-di-mac-freebsd-solaris.png

ruby-di-linux.png

Ini Page Dari Bahasa Pemrograman Lain ke Ruby

dari-pemrog-lain-ke-ruby.png

Kemudian untuk metodologi kerja pembenahan akan saya email kepada teman-teman yang sudah saya rekomendasikan dan tentunya jika dan hanya jika yang bersangkutan bersedia membantu membenahi, lewat attachment bentuk tulisan aslinya dan tulisan yang sudah ada apa adanya, untuk kemudian di email kembali ke saya dalam bentuk yang sudah jadi untuk saya submit kan ke ruby-lang.org beserta nanti nama-namanya akan saya sebut sebagai ucapan terima kasih.

Intinya singkat cerita, di belakang layar sebenarnya ruby-lang.org indonesia ini masih sedang dikerjakan, ibarat pembuatan sebuah software, ini adalah versi betanya, version 0.0.1 ;-)

Behind the scene:

behind-the-scene.png

Maka dengan adanya situs resmi Ruby Indonesia, harapannya bisa menjadi acuan dan pemasyarakatan Teknologi Informasi benar-benar bisa menembus sampai level teman-teman kita yang berada di daerah, yang sebenarnya bisa jadi jauh lebih pintar kami, hanya saja karena kekurangan resource, seperti resource internet, atau mungkin kurang mengerti bahasa inggris, nanti akan bisa diakali dengan cara DVD Ruby Offline, caranya kita masukkan saja content / tutorial-tutorial dan informasi penting yang ada di ruby-lang.org ke DVD tersebut. Sehingga harapannya awareness masyarakat akan Ruby akan meningkat secara khusus, dan secara umumnya dalam urusan “telor atau ayam dulu” sebagai analogi dari “infrastruktur internet dulu atau content dulu” itu bukan hanya sekedar wacana ataupun debat kusir yang ujung-ujungnya mereka yang terlibat menjadi capek sendiri, lebih baik kalau kita semua saling introspeksi dan kalau bisa kita semua masing-masing proaktif saja, apa yang bisa dikerjakan dengan baik, maka kerjakanlah, semoga dengan usaha-usaha dan paradigma positif itu akan menjadi lebih baik lagi kedepannya. Semoga.

Comments
  1. Hendy Irawan says:

    Terbukti.

    Orang2 superkeren kalo difoto nggak pernah ngeliat kamera ;-)

  2. Aaah kalo foto segitu doang udah hendy jadiin bukti, berarti hendy kurang koleksi foto-foto matz :-D kan ada juga banyak foto dia yang langsung ngeliat kamera :-P Sekalian nyindir foto hendy sama gw yang ngeliat kamera sama yang nggak ngeliat kamera nih =))

  3. Hendy Irawan says:

    Situs Resmi Ruby Indonesia Launching… in Beta!

  4. […] Tapi kenyataannya, kita (bangsa Indonesia) punya: (via Bapak Mandor) […]

  5. Hendy Irawan says:

    DVD Ruby Offline…..

    mohon ditetapkan dalam tempoe jang sesingkat-singkatnja :)

  6. Dulu gw pernah ngirim CD yang berisi copy an dari semua rubygems di mirrors.imt sini ke irfani binus (blognya di http://irfani.web.id/2007/02/13/pengenalan-ruby-bagian-pertama.html ) setelah obrolan lewat email kayaknya Irfani tertarik ngurusin DVD Ruby Offline ini sambil ngetes-ngetes rubygems macem-macem, tapi habis itu kayaknya dia belum sempat2x bales2x/kabar2i ke gw lagi hen, mungkin irfani sibuk dengan kuliahnya, ini ide awalnya DVD Ruby Offline dari Stian (ini alamat wikinya http://rubyoffline.wikidot.com/ ), kalau di gw untuk isi pernak pernik ruby + rails sih banyak banget, tapi gw gak punya DVD Writer nya, selain alasan masak arie semua, gak boleh arie semua, harus dibagi-bagi atuh. Biar selain arie juga, banyak teman-teman kita di Indonesia pada mainan Ruby :-D

  7. Hendy Irawan says:

    “gw gak punya DVD Writer nya” –> Waktunya upgrade ke MacBook Pro 17″ :)

  8. allo kk2…. nyasar nih ke ruby…
    hehee… mangap2…
    *nyari bahan ruby*

  9. fisto says:

    bravo RUBY!!!
    salam kenal….saya sambil nyoba2 ruby nih… :p

  10. adit says:

    waaah, mantabbs, keren euy …. servernya di mana tuh IIX kah ?

    btw, SMANGAAAAAAAAD, maju terus ruby indonesia ^_^

  11. Kang Tutur says:

    Salam kenal…(Indonesia)
    Numpang promosi nih!
    Ada yg mau kuliah dengan beasiswa? Belajar Wirausaha?
    Main ke blog kampusku – Makasih ya!

  12. […] Rilis Situs Resmi Ruby Indonesia ruby-lang.org/id 28 07 2007 Sejak posting saya yang lalu, status situs resmi ruby Indonesia masih kami set sebagai reviewed, belum Published. Nanti harus […]

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

