Menjelang Rilis Situs Resmi Ruby Indonesia ruby-lang.org/id

Posted: July 28, 2007 in ノート, id-ruby, RUBY, Technology

Sejak posting saya yang lalu, status situs resmi ruby Indonesia masih kami set sebagai reviewed, belum Published. Nanti harus dicamkan, kalau sudah published, maka URL-nya adalah http://ruby-lang.org/id jadi bukan http://preview.ruby-lang.org/id lagi. Semoga nanti kita juga bisa bekerja sama dengan banyak teman-teman kita yang di daerah-daerah Indonesia agar bisa mirror situs kita ini supaya bisa mengakses dengan kencang. Tentang siapa yang mengumumkan kalau sudah saya atau Yohanes “potong pita” (mimicking istilah-istilah yang Hendy udah sebut-sebut) kalau situs kita sudah resmi rilis, silakan tunggu tanggal mainnya aja deh ;-) yang jelas bukan dalam hitungan minggu apalagi bulan lagi ya. Semoga dalam hitungan jam saja situs kita benar-benar rilis.

id-ruby-situs-resmi.png

Ada beberapa hal yang sangat saya cermati di situs Resmi Ruby kita ini.

  1. Di halaman ruby-core walau level saya masih belum di level nge-patch ke ruby-core, saya cuma di level lurker di milis ruby-core, anyway, tetapi saya tetap harus komitmen untuk menyediakan halaman tersebut dalam bahasa Indonesia.

    ruby-core.png

  2. Di halaman Dari Bahasa Pemrograman Lain ke Ruby disana ada tabel perbandingan tapi saya comment (kalau di view source keliatan kok) karena belum rapi. Ide dari Hendy tsb memang sangat bagus, disamping saya dan Yohanes juga beserta teman-teman semua harus menyediakan informasi yang akurat dan fair tentang perbandingan bahasa tersebut. Kalau ada dari teman-teman yang mau kontribusi, silakan, jangan sungkan-sungkan untuk kontak ke kita (saya, Hendy atau Yohanes), kami akan sangat berterima kasih atas sumbangsih teman-teman :-)

    dr-bhs-lain-ke-ruby.png

    1. Di halaman Dari C dan C++ ke Ruby, terus terang kalau sekedar menerjemahkan dari Inggris ke Indonesia malah susah (bahasa jawanya “njlimet”) soalnya dari bahasa aslinya sudah njlimet. Nah jadi kalau ada pakar C yang melintas di blog saya ini yang juga mengerti Ruby tolong hubungi kami ya supaya halaman tersebut bisa dibenahi lagi yang lebih baik. Selain itu saya juga pingin di halaman tersebut kalau bisa ada tercantum link yang menuju ke resource berbahasa Indonesia tentang C / C++ , entah itu wikipedia, ilmukomputer, benpinter, pokoknya asalkan bagus boleh deh bilangin ke kita-kita. (Kata “bagus” menurut arie adalah seperti kalau kita baca ini # Halo Pak Hasan :-D )

      dr-c-cpp-ke-ruby.png

    2. Di halaman Dari Java ke Ruby, saya melihat sepertinya masih ada yang kurang… Ya, kurang link, saya dulu pernah lihat di blognya siapa ya ada yang benar-benar membandingkan antara coding Java dan Ruby yang satu di Java 300 baris di Ruby 1 baris. Jadi bukan sekedar ucapan belaka seperti kata si Curt Hibbs dulu waktu menulis artikel Rolling on Rails pernah bilang di Rails adalah 10 kali lebih cepat produktivitasnya ketimbang di Java, walau ternyata di milis ada yang konfirmasi asalnya dari Java pakai Ruby malah lebih cepat daripada 10 kali lipat, link menyusul, sementara search di arsip milis rails ya.

      dr-java-ke-ruby.png

    3. Di halaman Dari PHP ke Ruby, menurut saya OK, adapun kurangnya link ke yang pernah saya lihat juga dulu ada yang membandingkan sampai 500 baris di PHP hanya 1 baris di Rails, nanti akan kita lihat relefansi konteks perbandingan tersebut di halaman tersebut, kalau lebih condong / berat di konteks (coding) Ruby maka akan kita taroh juga disana.

      dr-php-ke-ruby.png

    4. Di halaman Dari Perl ke Ruby, saya sudah hubungi Steve tapi sayang yang bersangkutan sedang full full nya (sibuk), begitu juga dengan Pak Edwin juga sibuk, sehingga kedua Sesepuh Perl Indonesia tersebut yang juga bisa Ruby tidak bisa ikutan membenahi halaman ini. Saya masih terbuka buat teman-teman kalau ada melihat kejanggalan atau yang berbau “marketing” alias “non-teknis” disebut-sebut di halaman tersebut bilang ke kami, di diskusi inti kami bertiga sempat Hendy bilang kalau komunitas Perl itu awesome seperti marketing, tetapi kalau menurut saya ya memang komunitas Perl itu awesome, tidak ada yang salah disana. Kemudian juga saya pingin halaman link wiki Indonesia yang sudah bagus-bagus dibuat itu juga dicantumkan di halaman tersebut tapi tolong disusun redaksi yang bagus untuk perbandingannya dengan Ruby.

      dr-perl-ke-ruby.png

    5. Di Halaman Dari Python ke Ruby, saya lihat sudah OK, tapi saya pingin cantumkan link ke http://www.python.or.id itu ada di halaman ini, juga kalau ada wiki yang lain asalkan bagus, silakan kontak kami.

      dr-python-ke-ruby.png

    6. Ada lagi sebetulnya ide dari Hendy lagi di Indonesia kita perlu juga yang riil yaitu perbandingan dari yang biasa dipakai di Indonesia banget, jadi dari VB, Visual FoxPro, Delphi, nyari orang yang mahir di satu bahasa tersebut sih mudah, tapi kalau nyari yang mahir di bahasa tersebut yang juga bisa Ruby itu yang sulit :-) Jadi kalau ada teman yang bisa, kabari kami ya.

OK, mungkin segitu aja dulu tentang Situs Resmi Ruby Indonesia.

Kisaran 2 atau 3 minggu yang lalu saya ada telpon Andry, lalu Andry bilang kapan mau ketemuan lagi teman-teman id-ruby? Gimana kalau 2 minggu depan (yaitu seminggu yang lalu), tapi kabar buruknya saya sejak Senin sakit demam panas lemas nggak bisa bangun jadi baring aja (sama batuk keras + pilek sih), jadi belum bisa kasih kabar waktu itu, gitu ceritanya, kalau sekarang (hari jumat errr sudah sabtu dini hari ya) saya sudah mendingan cuma tinggal batuk kerasnya aja sama suara masih kedengaran pilek hehe yang penting udah bisa jalan-jalan lagi :-D FYI kabar saya kalau tentang menulis artikel Ruby di majalah itu sudah selesai kisaran 6 halaman, mengenai kurikulum sudah beres, mohon doa restu teman-teman semua semoga saya bisa sehat dan lancar aja segala urusan supaya mulus nggak ada hambatan buat bikin-bikin tulisan Ruby di Indonesia. Ada yang dari Andry boleh deh kasih kabar kemari atau kita langsung aja atur-atur ketemuan bareng teman-teman Komunitas Ruby Indonesia, saya usul tempatnya ya : di Restoran Rumah Makan Mpu Sendok (Jakarta Selatan, AFAIK nggak ada internet tapi tempatnya uenak banget) atau di Steak Obonk (Jakarta Selatan, ada colokan listrik, tempatnya enak, makanan super enak, internet sama nggak ada juga, suram, jadi pingin bikin LAN Party), tapi itu boleh iya boleh nggak jadi soal tempat, karena kalau tempat kali aja ada yang punya tempat lebih asik/enak lagi sih saya OK OK aja. Sama nanti kisaran Agustus Hendy mau ke Jakarta tentu otomatis bakal ketemuan dengan saya dong, nah coba aja deh nanti diatur-atur ketemuan itu ya di milis ;-)

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

