E-Interview dengan Pembuat SharingFoto.Com

Posted: September 11, 2007 in e-interview, id-ruby, Rails

Kali ini Arie mengadakan e-interview bersama pembuat sharingfoto.com. Q adalah Question, yaitu pertanyaan yang Arie lontarkan, dan A adalah Answer, yaitu jawaban yang dilontarkan oleh pembuat sharingfoto (Aria Rajasa Masna).

Q : Terangkan kehidupan Anda dengan Rails ?

A : Wahaha, pertanyaan yang sangat luas sekali. Jd saya mengetahui tentang rails dari forum dan kabar onlin sekitar 1.5 tahun yang lalu.

Waktu itu heboh sekali rails ini, so I’ve decided to give it a try. Begitu nyoba langsung de jatuh cinta, mudah sekali untuk mengembangkan aplikasi2 yang umum sekali digunakan. Lalu setelah itu, 6 bulan Rails saya tinggalkan, sampai ada kesepakatan dengan partner lain di Rajasa untuk membuat Sharingfoto. Dan akhirnya saya ngotot kita pakai rails untuk sharingfoto :P

Kira2 si seperti itu :D

Q : Apa codes pertama / “Hello World” Anda di Ruby?

A : For ruby: Saya tidak pernah menggunakan ruby tanpa rails, jadinya ya.. tidak ada hello world disitu :D

Q : Apa codes pertama / “Hello World” Anda di Ruby on Rails?

A : For rails: Saya mengikuti standar tutorial hello world di website rubyonrails.org. Namun dengan mengganti “hello world” menjadi “Hueee, bisaaa!”. Agak norak memang, tapi memang saya sukanya begitu :P

Q : Berapa jumlah total komunitas member sharingfoto?

A : Jumlah Total Komunitas: Sampai hari ini terdapat 278 anggota dengan pertambahan kira-kira 50 member perbulan. Pertumbuhan yang cukup baik saya rasa, although there’s always room for improvements

Q : Berapa jumlah total request sharingfoto?

A : Jumlah Request: Untuk pesanan kami menerima sekitar 2-3 buah per hari untuk mug dan kira2 50 cetak foto perminggu. Masih belum mencapai target memang, but we’re going there :D

Q : Fitur-fitur apa saja yang ditawarkan sharingfoto?

A : Fitur-fitur apa saja yang ditawarkan sharingfoto: Kami menawarkan anggota untuk menyimpan foto mereka secara online (dengan kapasitas 100mb) dan juga menunjukkan (share) ke orang lain melalui email, atau media online lainnya. Selain itu foto-foto tersebut bisa ditampilan langsung di blog atau website pribadi anggota.

Selain itu kalian juga bisa melakukan pengeditan seperti rotate, scale dan crop langsung dari website, jadi tidak perlu khawatir untuk melakukan kesalahan saat upload pertama kali.

Tapi bukan itu keunggulan kami dibandingkan yang lain, kami bisa buatkan mug, t-shirt dan nantinya merchandise lainnya dengan foto atau illustrasi secara satuan! Untuk kedepannya kami akan menambahkan produk-produk seperti puzzle, mouse pad, kartu, photo book dan lainnya. Harga bisa dilihat di: http://www.sharingfoto.com/login/daftar_harga

Q : Kekurangan apa sajakah yang ada di sharingfoto? boleh berupa fitur yang akan
datang / TODO, maupun bug fix.

A : Kekurangan apa sajakah yang ada: Wah, banyak sekali si kalau saya boleh bilang. Masih banyak yang ingin kami lakukan seperti menambahkan banyak template frame baru untuk mug dan foto, desktop photo uploader jadi anggota bisa tinggal drag and drop saja, fitur shop with no registration, dan masih banyak lagi.

Tapi yang paling signifikan untuk kedepannya adalah suatu fitur untuk menjual karya sendiri. Jadi nanti kalian bisa membuat mug, t-shirt, atau produk lainnya dengan desain sendiri dan menentukan harga jual sendiri. Kalian ambil marginnya, kami ambil hanya biaya produksinya saja. Saya boleh bilang bahwa ini fitur yang paling ambisius dari pribadi saya sendiri :D

Q : Terangkan kelebihan sharingfoto dibandingkan dengan situs kompetitor lain (baik
di dalam maupun di luar negri).

A : Kelebihan sharingfoto

  1. Yang pertama dan paling jelas si ya server kami di Indo, jadi aksesnya bisa jauh lebih cepat dibandingkan situs diluar.
  2. Kami menyimpan foto kalian dalam real size. Beberapa situs share foto langsung meresize foto kalian semua.
  3. Kami mendukung BCA/Mandiri Transfer dan Internet Banking dan juga pengiriman lokal. Kami tidak pungkiri bahwa banyak sekali servis online seperti ini di luar negri, tapi setahu saya tidak ada yang bisa mengirimkan pesanan langsung ke indonesia dan juga bisa melayani pembayaran bank lokal. Kalaupun ada saya rasa ongkos kirimnya pun akan menjadi mahal sekali.
  4. Harga yang kompetitif, ini sudah jelas.

Q : Sebutkan tool-tool apa saja yang dipakai untuk develop / mengembangkan sharingfoto

A : Tools:Kami menggunakan Mac OS X sebagai platform pengembangan, Textmate sebagai editor dan SVN sebagai versioning tools. Selain itu kami juga menggunakan Capistrano sebagai deployment tools.

Q : Sebutkan tool-tool apa saja yang dipakai untuk deploy sharingfoto

A : Deployment Tools: Capistrano, kami menyukai kemudahan yang diberikan oleh capistrano karena bisa langsung menjalankan semua test case untuk memastikan tidak adanya kesalahan semantik sebelum deploy. Memang learning curve-nya agak steep, tapi sangat menarik bila sudah terbiasa.

Q : Boleh tau spesifikasi hardware sharingfoto sekalian?

A : Spec Hardware: Platform: Single CPU Rack Server
Processor: Intel Pentium 4 Processor with HT, xD-bit, and EM64 Technology
#1 Processor Onboard: Intel® Pentium® 4 Processor 531 ( 3.0 GHz, FSB 800, Cache 1MB)
Standard Memory: 512 MB ECC DDR2 SDRAM PC-4200
#1 Hard Drive: 73 GB SAS 10K Hot-Plug by IBM
OS: Ubuntu Server

Q : Anda telah menyebutkan : “untuk memastikan tidak adanya kesalahan semantik sebelum deploy”. Berapa testing ratio versus coding ratio sharingfoto? Boleh sekalian copy paste `rake stats` ?

A : Untuk ratio test, bisa dibilang kira-kira 1:3, ini dalam hal waktu yah as in waktu coding dibanding dengan waktu testing. Untuk rake stats-nya maaf sekali tapi kami tidak bisa berikan.

Q : Anda telah menyebutkan : “Memang learning curve-nya agak steep, tapi sangat menarik bila sudah terbiasa”. Boleh dishare “steep” itu tepatnya kira-kira learning curve-nya memakan waktu berapa hari/bulan? Apa kelebihan capistrano dengan “cara-cara deployment tradisional” ?

A : Sebenarnya kami belajar capistrano bersama sekitar 3 hari, lalu dari situ mulai belajar dengan sejalannya saja. Berhubung kami dari pengguna php yang deploy-nya “tinggal copy saja”, jadi kami memang merasakan learning curve yang cukup steep, lebih kearah pemahaman dan konsepnya sih.

Q : Fitur apa yang menjadi favorit Anda di Ruby on Rails?

A : Konsep MVC dan active records. Benar-benar membuat pekerjaan kami menjadi lebih mudah.

Q : Apa yang Anda harapkan dengan Ruby on Rails di masa yang akan datang?

A : Saya harapkan RoR akan menjadi semakin terkenal dan makin banyak hostingan di indonesia yang bisa menyediakannya dengan murah wakakak.

Q : Ada pesan-pesan terhadap teman-teman sesama pengguna ruby on rails, terhadap kita semua (pembaca blog ini), dan terhadap Komunitas Ruby Indonesia?

A : Pentingkan unit testing dan belajar deployment dari awal. Saya pusing di dua hal itu soalnya :D

OK, terima kasih Aria. Sukses selalu ya :-)

Comments
  1. adit says:

    ngomong2 soal capistrano, itu bisa dipake di lokal nggak ? (buat latihan dan coba2)

    kalo sy dah kebiasaan kalo deployment

    1.ssh ke server
    2.svn up

    *beres dah

  2. @adit, sudah pernah dibahas rofiq-sensei disini:
    http://www.mrofiq.com/2007/8/23/capistrano_dan_repository_lokal

    kalo ssh ke server trus svn up waduh itu sih bukan pake capistrano… tapi jadi inget waktu coding php dulu itu, jadi bahkan coding pun main ftp gitu upload satu-satu trus dia jalan deh dari komputer lokal ke komputer server.

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s