Meetup Bareng Brigade Ruby Malaysia, Kamis, 15 November 2007

Posted: November 17, 2007 in ARSIP MILIS, ノート, CAMPUR CAMPUR, Catatan Tercecer, Mac, MAKAN MAKAN, Rails, RUBY, Ruby on Rails, Seaside, SERVER, SMALLTALK, Svn, Technology

Tempat ketemuannya kita-kita di Starbucks at Centre Point Bandar Utama di Petaling Jaya, hm.. jadi ceritanya gw ma janne jam tujuhan kurang gitu deh malem dari kantor langsung cabut (ni juga artinya kita jadi musti ngerelain ngelepas free cocktail friday happy hour di kantor yang dimajuin yg mustinya diadain hari Jumat jadi hari Kamis huhuhu), ceritanya pas maren maren gitu janne bilang ma gw (pakek bahasa inggris) kalo kita bakal naik teksi (taksi) aja. Ya rada lega juga awalnya denger dia bilang gitu soalnya gw musti lari-lari terus kalo jalan ama bule hehehe ampir copot tuh jantung gw kalo tanpa stop ampe 20-an menit gubrak gubrak lari lari jalan cepet banget . emang perlu lebih banyak olahraga nih…

ok, trus ceritanya kita dari kantor ke KL Sentral aja. Howaa gw langsung keinget kalo ini sekalian aja gw beli Kad (kartu/card) Touch and Go buat kemana-mana biar gampang naik LRT = keretaapi yang otomatis jalan sendiri tanpa supir/masinis, jadi biar bener-bener tempelin tangan ke alat/tempat lalu/lewatnya itu ama kartunya, trus gerbang kecilnya gitu kebuka, ya udah masuk deh udah ngelewatin itu tinggal naik elevator (tangga berjalan) ke atas buat naik LRT (baca : el-a-ti).

Jadi kalo kita masuk tuh ya di KL Sentral tuh belok kanan dari kek ATM MayBank, CIMB dan segala macamnya itu trus pas ada belokan lagi bercabang tuh di KL Sentral tuh belok kanan, jadi bukan belok ke kiri yang ada Photoshop ato ada elevator lagi ke atas buat ke medan selera (food court ato apa gitu deh mereka tulis zone selera keknya deh lupa gw). Disamping kanan itu kita bisa liat ada semacam mesin mesin warna abu-abu itu buat beli tiket yang nggak touch n go, jadi yang sekali pake gitu doang. Nah kalo gw terus aja jalan ya, di samping kanan ada Information Centre, Nah sebelahnya itu, seingat gw tulisan KTM Kommuter disitu beratur (bahasa melayunya: ngantri) di yang barisan samping kanan (ada tiga baris). trus gw dikasih formulir ama ibu petugas yang baik, ramah dan senyum ma gw itu (hihihi tapi selanjutnya gw gak nanya dia punya anak cewe available atau nggak lho…) gw diminta tulis nama lengkap, trus nomor paspor, ama nomor henpon! Howaaa yang field terakhir tuh kalo udah soal mobile phone emang dari dulu gw masalah mulu’!!! gw utak atik utak atik itu HP GSM murahan yang gw beli di KL (singkatan dari Kuala Lumpur) itu trus gw sambil lirik kanan kiri gitu tengak tengok belakang trus sambil nyari nyari “mas” janne kuwi ndiii ko ra’ keto’ sambil rada kawatir kalo kalo bakal ada yang banyak ngantri dan nunggu lama di belakang gw…. trus akhirnya gw jujur sama ibu petugas itu, gw bilang gini sambil malu2 nunduk2: “I’m sorry I don’t remember my number”…. dia ketawa… hahaha dia bilang ya sudah tak mengapa dik… trus gw akhirnya dikasih aja deh tuh kartu setelah gw bayar RM 30 (baca: tiga puluh ringgit, melayunya tinggal diubah huruf “u” jadi “o”, tige pulo ringge’).

trus abis itu, gw balik eee anak mbak mbak dibelakang gw pakek jilbab, gw yakin tu mbak asli orang melayu soalnya nanya ke gw pakai bahasa melayu: “touch n go kad ade problemke?” maksudnya gw tebak tebak paling : eh ada masalah ya kok mproses kartu touch n go nya lama banget… gw jawab jujur, tak.. saya lupa nombor telifon.

trus cabut dari tempat itu eiit langsung nongol lagi nih bule sambil mangan roti, gw ceritain tadi gw bilang nggak hapal nomor telpon yahaha tapi trus gw bilang ibunya baik gw dikasih aja tuh. ya udah, jadi kita bisa belok ke sebelah kanannya, trus bisa ngelewatin semacam gerbang (biarpun gw sebut selalu namanya kek gerbang tapi sebetulnya gak gerbang banget gitu kok, kecil aja, kayak mainan)… tapi biar penampakan kayak mainan kalo ndeso bisa bunyi dia titititititit kayak waktu gw dulu pertama kali gak tau kartu nya dulu itu taro dimana hihi … ok singkat cerita akhirnya kita ada di lantai dua dari KL Sentral itu, pas udah ada di lantai dua (dari naik elevator itu / jadi ini semacam kayak Gambirlah tapi pakai AC sama pakai tangga berjalan sama keretaapinya jalan sendiri gak ada masinisnya oh sama keretanya jalannya diatas-atas nih). trus di lantai dua itu kebetulan pas kita uda disitu pas juga kita langsung ada kereta yg stop (keretaapi LRT ini kecil-kecil, pakai AC, panjangnya paling paling 3 gerbong doang, dalemnya bersih trus ada banyak yg gelantungan juga, trus ada tulisan dilarang merokok atau denda RM 500 [1 juta rupiah kisarannya kurang dari 400 ringgit, jadi kalo 500 hei lumayan juga tuh daripada dipake bayar buat denda kalo dipake beli es kelapa muda bisa sampe mandi-mandi]) oh iya trus ada lagi tulisan diatas bangku-bangku tempat duduk itu di bagian dindingnya ya bahasa indonesianya kurang lebih gini, eh, hormati ibu ibu hamil, orang tua, dan orang cacat dong, dulukan mereka supaya mereka duduk. walau yang gw perhatiin ada juga kok sedikit anak muda cowok yang tetep aja duduk walau ada cewek yg bediri.

teng tong teng tong… bla bla bla tibe di stesen bangsar… kurang lebih yg gw denger gitu doang deh hihi melayu banget tuh ngomongnya soalnya, trus itu sound speaker bunyi pake bahasa inggris kalo keretaapi bakal stop sekejap (=sebentar) disitu, pokoknya keluar masuk harus cepat, itu pintunya juga kebuka ketutup otomatis gitu… teng tong teng tong… pokoknya kita teruuus aja di keretaapi itu yang nggak kerasa banget ya di jalan… di kereta itu keknya cepet banget, karena juga kita gak usah nghadepin lampu merah berenti berenti mulu’ sama ini keretaapi nggak kena macet sama sekali soalnya jalan melayang aja diatas jalanan biasa (relnya diatas/tapi gak bunyi dogojokojokojok tuuuut tuuut oh ya sama nggak ada musiknya nih sama toilet juga gak ada / sambil gw bandingin ama bis dari Jakarta ke Bandung naik Primajasa yang enak dapet di belakang bisa ada toilet sama ada smoking room kecil buat yang ketagihan ngerokok bisa ngerokok disitu, hayyah sejak kapan gw concern sama yg ngerokok).

teng tong teng tong… singkat cerita kita sampe juga di stesen (=station/stasiun) tujuan yang namanya Stesen Taman Bahagia. Nah dari situ kita turun ya (pake tangga biasa doang bukan elevator, iye iye bagus buat kesehatan gw sambil lirak-lirik cewek singapur kanan-kiri) trus seperti biasa kalo ngelewatin gerbang ya sentuh lagi pake kartu touch n go tadi.

tet tot. nggggjeglegggg gerbang kebuka trus ngelewatin itu semua, aah baru dari situ kita naik taksi, jadi beneran naik taksi toh gw pikir janne ngerjain gw!! arghgh akhirnya kita bedua duduk dengan tenang di taksi yang ber-AC itu… btw taksi di KL nggak sebagus di Jakarta (BlueBird) sih, pasti awal ngeliatnya nggak impresif, tapi yang gw suka itu ya semua taksi standar pake argo trus itu taksi ya made in malaysia, jadi bener-bener buatan anak bangsa malaysia sendiri, bukan bangga-bangga mewah-mewah akan barang/mobil impor dijadiin taksi. satu lagi yang gw notice, itu argo seingat gw mulai nya dari 2 ringgit gitu deh, trus naiknya lamaaaaaaa banget… gw ngerasa kekknya udah lama banget baru naik ting tong jadi 2 ringgit 60 sen… hmm… trus kita jalaaan aja terus di taksi yang melaju itu memasuki wilayah Petaling Jaya (state gitu deh di malaysia kalo gak salah)… howaa akhirnya nyampe’ juga di tujuan. bayar taksinya 6 ringgit 40-an sen. hehe gw kasih duit ke janne 3 ringgit doang aja dah giliran bule emang mustinya kebagian lebi mahal (kaburrr) sambil gw ngucap gini: three hundreds from me… abis gw ngerasa aneh banget sih itungan duit kok dikit banget gak ada sebutan ratus ribu di belakang…. (walau gembel tapi nggaya padahal gak pintar ngatur duit).

trus kita uda ngelewatin sih itu star buck yang disebut-sebut ama kamal di milis… tapi kita bedua lewatin aja terus sambil liat directory (jadi ada semacam peta di mal gitu liat-liat karna kita belum dinner)… hmm.. jalan ke lantai 2, trus rada kesana sana… aih ke pintu keluar mulu. akhirnya udah putuskan kita makan di restoran jepang aja dah. sama-sama favorit kita bedua…. ya udah, kita ke Momo Resutoran… IRASHSHAIMASEE gitu sambutan pelayan-pelayan restoran itu yang gw yakin banget nggak ada satupun yang orang jepang betulan :-D gw nunduk doang tanda nghormat ke mereka. hmmm… makan…. arghgh lupa pokoknya makannya enak kok itu di menu ada di covernya itu ada 3 gambar, nah gambar yang di tengah deh, ini sengaja ditaroh tulisannya disini biar gw inget nanti kalo kesana lagi sudah ada makanan favorit ini juga sehubungan dengan baru bisa kemaren sore makan pakai sumpit.. apa supit sih bahasa indonesianya? chopstick gitu ya… hmm. ya ya.. ini memang ritual. no rice no food. nggak ada nasi artinya nggak makan. nggak ada makan artinya nggak coding/nggak gathering!!!!

Trus sambil makan makan nyam nyam bareng si bule (iye iye biarin pokoknya semua semua bule dah, kalo yang ngomong warna kulit kuning langsat panu ato sawo busuk).. ee gak kerasa udah jam setengah sembilan lewat … jadi cepet-cepet wah akhirnya kita setelah makan itu balik lagi ke lantai satu dan ketemuan deh bareng temen-temen yang selama ini cuma lewat internet doang kita ngobrol :-D

Yang hadir ada berenam, gw, janne, prashant, aizat, sean, kamal, din, sudir, anaknya sudir :-D eh jadi tujuh ding, hai inyi anaknya malu malu nih maen hide and seek ma sean… :-)

fotofotomalaysiarb3.png

disini kita ngobrol banyak hal tentang kesenangan kita kita tentang ruby, dimulai dari presentasi BDD janne, trus liatin coding yang pernah gw tulis. trus omongin soal gimana kita bener-bener disiplin ngemulai apa apa tu dari storyrunner, trus baru spec baru coding. hehe yg ngomong juga kurang disiplin sebetulnya… oh well.. tapi kalo sudah learning by doing, nah ini yang sedap! jadi pengalaman itu memang guru yang paling baik! mungkin boleh jadi kita awalnya coding dulu trus baru spec, tapi lama-lama latihan jadi disiplin. di posting yang lalu bahkan kalo udah sampe ketemu rake routes gitu buat restful waaah helpful / berguna banget buat ngebantu jadi pede abis soal routes macem-macemnya jadinya.

trus soal spec yang actioncontroller yang gw sendiri ngaku masi lemah, mocking, stubbing, trus should_receive, yaaa kalo di gw sih berarti gw itung-itung gw dikisaran tangga 20 kali gagal melulu alias error abis kalo mainan controller spec tapi gapapa maju terus pantang nyerah!!! ini sekali bisa gampang banget, persis kayak waktu dulu gw belajar otodidak rails sama ruby dulu pas orang-orang lain masih belingsatan di dunia selain ruby… sekali duduk/coding… lupa berdiri… ehmm ;-)

hasilnya ya jadi gini ini. selalu jadi pengen belajar / jadi pemula …

kita juga ngomongin merb, trus soal rubinius, oke oke, gw ngaku emang pernah mainin sirb segala macem gitu di fedora, tapi abis gitu sama kek kamal kita gak tau mo ngapain… kecuali ya emang ngintip source code nya rubinius yang memang kebanyakan juga ditulis pake ruby itu. trus kita juga ngobrolin manajemen apa yang dipakai di kantor masing-masing, gimana nge-track bug ato issue, pake apa aja, strict apa nggak strict, ada yang pakai cara sendiri dan berhasil, ada yang pakai sudahlah pakai papan tulis aja besar-besar, jadi di seluruh dinding di ruangan ukuran 10×4 meter dindingnya semua jadi whiteboard trus tulis aja disitu pake spidol, ada lagi tulis aja spec nya apa aja pake story runner yang dijalankan oleh orang bisnis, trus dari tukang coding tinggal nge-parse itu semua dengan story runner yang membimbing spec yang mana spec ini membimbing coding kita kapan kita bakal berhenti coding kapan kita harus melompat ke fokus masalah point point selanjutnya berdasarkan hasil SCRUM meeting kita (hati-hati buat yang bilang ini adalah term yang diada-adakan, harap yg bicara begitu dan termasuk saya juga ikut training bareng-bareng dulu baru setelah itu kita diskusi / belajar / sharing bareng lagi apa aja yang dirasa kalo develop aplikasi software pake SCRUM ini).

balik lagi ngobrolin soal bdd ya, jadi caranya ngomong gak usah terlalu teknis banget (ini kebiasaan kelemahan gw nih kalo pas emang sikonnya harus bisa bicara sama non-programmer) daripada ngomongin ini saya sedang bekerja di model anu.rb controller anu dan view anu beserta rspec nya, sebut aja bentuk urlnya misalkan gini, jadi si user ketik klik link tampilkan pesawat pribadi, lalu user kita akan melihat url ini /products/3 yang mana saat ini saya sedang mengerjakan ini beserta bagaimana aplikasi ini seharusnya berperilaku alias kalo pake bahasa inggris the behaviour of how this app should work.

fotofotomalaysiarb1.png

jadi dari orang bisnis benar-benar bisa tulis story runner itu dalam teks file aja (nggak usah neko-neko dicantik-cantikin pakek excel mah malah ribet, emang bagus secara visual, tapi buat langsung diparse malah mikir ulang, jadi ini pelajaran berharga banget buat yang uda learning by doing), trus nanti supaya teks file tersebut bisa diparse dengan ruby.

trus ada pertanyaan ada berapa story runner yang gw pernah pake, trus ada berapa scenario tuh semuanya total. gw bilang ini ada 8 story runner. semua based on apa kata orang bisnis. jadi soal spek soal requirement sudah harus jelas dulu. walau sebetulnya budaya kita bagusnya orang geeknya tetep diajak lho kalo meeting mo nentuin ini bagusnya kek gini nih itu bagusnya kek gitu tuuh dst, ok , trus skenario nya ada 20-an biji deh seinget gw. trus ditanya gimana caranya biar gak redundant, disini di rspec ada opsi :shared => true, jadi tinggal awali aja di awal spec dengan itshouldbehave_like ‘spec ini umumnya berperilaku’ bla bla bla.

fotofotomalaysiarb4.png

Link PDF nya bisa dibaca-baca disini – hey, kelupaan gambar kucing sadis tuh -_-

trus ada lagi pertanyaan mis. gimana ini kan udah ganti sintaks dari When trus jadi Then, padahal get nya udah ditaroh di When apakah bakal langsung tau dia si story runner ini kalo kita langsung taroh response yang akan terjadi gimana.. jawabnya iya, jadi taroh get di When itu, terus taroh response yang diinginkan di Then ;-)

ya ya ya, di contoh coding gw itu bahkan ada default rails auth yang basic banget yaitu HTTP Basic Auth tapi gw rada kagok pakainya kebiasaan pakek metode post uda tau arahnya bakal nge-route kemana itu jadi rada blank juga mo nembak kemana, walhasil di komen dulu alias pending hihi.

Hmmm… kita ngomong-ngomong apa lagi ya, ada juga sih tentang jruby, ah sayang disini gak begitu ngelotok kayaknya yang java …. pada complain soal jruby lambat segala macam… kalo di Jakarta pasti adaa aja deh yang langsung misuh-misuh tuh trus langsung didemokan di laptopnya pake jirb trus require ‘java’ trus nge-require class class yang ada di java buat dipanggil dari ruby trus trus trus sampe deploy rails di glassfish…..

ah ok singkat cerita lagi, uda jam 11-an waktu kuala lumpur (waktu di jakarta tinggal kurangin satu, jadi jam 10-an malem) kita pulang, dianter naik mobilnya prashant.

Oke deh, segitu dulu catetan tercecer diary arie kali ini. Met weekend :-)

fotofotomalaysiarb2.png

Hweh digolongkan meetup ruby tersukses di malaysia nih ye -_-

kucinggwbanyakygmatiudahwek.png

Link kucing gw banyak yg mati udah :-P

Comments
  1. http://finance.yahoo.com/currency/convert?amt=6.20&from=MYR&to=IDR&submit=Convert

    penasaran gw barusan liat di finance yahoo currency converter ternyata bayaran taksi di Kuala Lumpur kayak Semarang dong / bahkan jauh lebih murah… 17-an ribu rupiah! ples sama gak usah pake marah2x kayak waktu gw di Jakarta dulu… kalo gak pakek marah2x gw sering ditipu sama taksi bluebird (nggak semuanya lho ya, tapi banyak tuh oknum2 supir bluebird belagak goblok gak tau jalanan trus belagak sesat-sesat ujung2nya abis 100 ribu aja!) Di semarang juga sebetulnya bakal disesatin juga sih kalo nggak tau jalan, soalnya gw tau jalannya kalo di semarang doang, jadi gw gak ditipu. Lah kalo di Jakarta yang luas gitu, gw gak tau jalan-jalannya. ditipu gw jadinya.

tinggalkan feedback konstruktif atau lebih baik diam

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s