Koprol Interview – Twitter plus Facebook’s Microblogging Killer Made in Indonesia with Real Business Model Weapons

Posted: May 13, 2009 in e-interview, Facebook, id-ruby, Rails, RUBY, Ruby on Rails, Technology

Q: Bisa diceritakan pra sejarah Koprol?

Awalnya gue, Leo, dan Daniel pingin punya satu cool web 2.0 product. Dan waktu itu kita juga lagi bosen banget sama project-project client. Kita pingin ngerjain sesuatu yang bener-bener kita suka. Lalu, kita ngajak Satya Witoelar untuk brainstorming kira-kira apa yang seru dan interesting untuk di-develop. Itu lah awal muasal
Koprol :-)

Q: Berapa lama membuat Koprol?

Kita start development kira-kira bulan Juli 2008. Dan waktu itu kita masih ngerjain Koprol di waktu luang aja. Karena memang masih banyak
ongoing projects yang lain. Kita mulai ngerjain penuh (or at least 80% of our time) itu start di bulan November.

Q: Boleh sharing spesifikasi teknologi di server Koprol?

Koprol running on ubuntu 8.04, apache2, passenger 2.2.1, Ruby
Enterprise Edition 20090421, rails 2.3.2, dan MySQL 5

Q: Boleh sharing `rake stats` Koprol?

Tentu boleh, walaupun we’re not that proud with our rake stats :-)

+----------------------+-------+-------+---------+---------+-----+-------+
| Name                 | Lines |    LOC | Classes | Methods | M/C | LOC/M |
+----------------------+-------+-------+---------+---------+-----+-------+
| Controllers          | 3148 | 2465 |          34 |     200 |   5 |   10 |
| Helpers              |   727 |    601 |        0 |      64 |   0 |    7 |
| Models               | 2180 | 1682 |          40 |     198 |   4 |    6 |
| Libraries            |   345 |    219 |        3 |      35 | 11 |     4 |
| Model specs          |   958 |    758 |        0 |       1 |   0 |  756 |
| View specs           |   318 |    182 |        0 |       0 |   0 |    0 |
| Controller specs     |   494 |    373 |        0 |       4 |   0 |   91 |
| Helper specs         |    77 |     49 |        0 |       0 |   0 |    0 |
+----------------------+-------+-------+---------+---------+-----+-------+
| Total                | 8247 | 6329 |          77 |     502 |   6 |   10 |
+----------------------+-------+-------+---------+---------+-----+-------+
  Code LOC: 4967     Test LOC: 1362       Code to Test Ratio: 1:0.3

Q: Apa strategi metodologi pengembangan yang paling dibanggakan oleh tim Koprol?

Mungkin sama dengan teamnya Arie. We’re adopting extreme programming which a form of agile software development.

Q: Boleh sharing tentang suasana sehari-hari tim Koprol
seperti apa?

Very casual.. Biasanya kita sering pertandingan Winning Eleven habis makan siang. Tapi akhir-akhir ini sudah jarang karena Koprolnya lagi sibuk banget dan joystick nya rusak :-) Kantor kami full music.. terserah mau pasang apa. Sore biasanya ada martabak (manis, tipis, dan telor).

Q: Berapa rupiah sih modal bikin Koprol?

Wah kalo yang itu kita belum pernah hitung :-)

Q: Berapa besar target monetasi Koprol (dalam bentuk jumlah
uang) dan dalam waktu berapa tahunkah itu ?

Belum bisa kita sharing :-) , tapi untuk target waktu kira 1.5 – 2 tahun.

Q: Apa saja tantangan dan hambatan Koprol ?

Hambatang dalam segi development adalah menerapkan BDD. Dari pertama jalan kita sudah janji mau BDD dan emphasis ke team how important test is buat Koprol. Tapi pelaksanaannya susah banget. Mungkin karena belum biasa dan diburu-buru juga. Sekarang kita sendiri yang kelimpungan setiap bug fixes atau nambah features baru ngetesnya setengah mati! Tapi sekarang kita sudah mulai pelan-pelan disiplinin lagi untuk bisa buat spec/test sebelum coding.

Q: Ada pesan-pesan tim Koprol buat para pembaca blog
arie?

Coba Koprol, checkin, and share. Kasih feedbacks buat Koprol biar bisa lebih bagus lagi.

UPDATE (Dec 20, 09) Here is a VERY good media coverage from e27 Singapore.

Comments
  1. obot says:

    koprol itu macam brightkite.com ya, rie?