How?

Q: Being a Ruby Indonesia Moderator, how many times in a week you helped people? And how long is that ?

A: Usually once a week and for 10 minutes for online activity. I design MORE as a whole instead of partial and small improvement. So your question fits for smaller scope than mine.

Q: How is internet in Indonesia?

I can say simply infrastructure business is so potential in Indonesia. Just come to Indonesia and invest your money there and work out its solution if you seriously care.

Infrastructure here includes roads, sand, land, human resources (a.k.a. education), electricity, any information and communication media and infrastructure, even redefining system that should govern that country better. Please don’t ask me about politics or economy in Indonesia. I only do what I can do. I only help people that need to be helped and want to be helped while I constantly grow and learn happily better and better. That’s it!

Bahasa Indonesia

Selamat datang di kumpulan catatan Arie. Pada mulanya Arie berniat mencatat offline tercecer belajar saja, kemudian lama-kelamaan catatan tercecer belajarnya menjadi bertambah banyak, sampai-sampai Arie tempel di tembok dinding, di pintu, di lemari, di kotak-kotak, sehingga disini berkembang menjadi wadah arie mencoret catatan secara online.

Beragam topik dimuat disini, biasanya lebih sering tentang Ruby (i) dan Ruby on Rails (i).

Tulisan disini bisa berisi curhat (curhatnya siapa saja, bisa Arie, bisa teman dekat Arie, bisa teman jauh Arie, bisa orang-orang, bisa masyarakat, bisa siapa saja, dengan nama-nama yang tidak disebut demi kebaikan bersama). Jadi silakan saja layangkan feedback Anda di komentarnya supaya yang asli curhat dapat mendengarkan pendapat Anda.

Tulisan disini juga berisi berbagai-bagai eksperimen Arie.

Tulisan disini berceritera mengenai proses pembelajaran Arie menulis, tata cara penulisan bebas, dulunya tidak menganut EYD yang baik dan benar walau idealnya punya cita-cita agar Bangsa Indonesia bisa mempraktekkan Bahasa Indonesia yang baik dan benar seperti yang sering diteriakkan oleh ibu guru Bahasa Indonesia dulu sewaktu masih bersekolah. Saking kelewat bebasnya, sampai-sampai campur-aduk dengan bahasa-bahasa yang Arie tau (walau sedikit). Gaya penulisan pun bebas, kadang bercerita, kadang langsung source code, kadang dengan karakter-karakter makhluk imajinatif (baik itu makhluk halus, makhluk hidup, ataupun makhluk ciptaan Arie sendiri). Ya, seperti umumnya kultur kebebasan yang ada di komunitas Perl dan Ruby.

Tulisan disini berisi berbagai-bagai gambar hasil pembelajaran Arie menggambar dan mencoret-moret, walau baru coretan arie yang di kertas yang dimuat disini, itu pun tidak semua, coretan yang di lain-lain, seperti di kotak, di pintu, dan lain-lain belum masuk sini karena belum didigitalkan. Untuk memahami mengapa begitu, perlu memaklumi sejarah sewaktu Arie kecil sudah sering menulis dan ditaruh disekelilingnya, kamar dan rumah yang pernah Arie tinggali dahulu kala telah menjadi saksi. Maka jangan protes kalau arie kurang sering mengetik. Just let your code product talks.

Sering Arie bertanya-tanya apa perlu taruh gambar/tulisan disini, sering Arie review lagi tulisan Arie disini, tetapi lebih sering lagi banyak yang minta supaya tulisan Arie tetap diadakan online. Walau begitu, Arie tidak pernah berhenti berevolusi dalam bereksplorasi.

Tulisan Arie disini menggunakan bahasa sederhana, contoh: coding, yg dimaksud dengan “coding” akan terlalu panjang kalau dibahas, termasuk Software Engineering, Algoritma, Abstraksi, Perancangan Aplikasi, termasuk Perancangan Database, dan soal-soal bloated lainnya. Mungkin mirip seperti istilah Algoritma yang didengung-dengungkan oleh beliau Bapak Donald E Knuth, ketimbang mayoritas orang-orang komputer yang menganggap istilah tadi seharusnya dinamai Computer Science

Gunakan fitur search, baik search yang ada disini maupun layanan search yang disediakan Google. Contoh keyword search di Google adalah: ariekusumaatmaja.wordpress.com tutorial rails. Anda akan mendapati catatan belajar Rails Arie dibawah versi 3, untuk yang versi 3 silakan diadaptasi sendiri, karena di layer pengguna perubahan yang terjadi di Rails mirip-mirip saja terus dengan yang terdahulu (kecuali bila Anda juga mengorek bagian internalnya yang disini saya pun belum pernah membahasnya seingat saya).

Tentang copyright tulisan disini, Anda boleh copy-paste / ambil sebagian (comot-comot) saja tulisan disini kemudian jangan lupa pasang link sumbernya kesini, cara bikin yang namanya “link” itu bikinnya pakai tag a href. Contoh: <a href=”https://ariekusumaatmaja.wordpress.com”>Sumber tulisan dari Arie Kusuma Atmaja</a>. Saya tentu tidak akan mendengar keluhan kalau misalkan ada-ada saja seorang newbie UNIX/Linux begitu mencoba menjalankan “rm -rf /” sebagai root di komputernya, karena ini artinya adalah perintah untuk menghapus seluruh file yang ada di sistem, dan ini mutlak kesalahan newbie sendiri.

Pertanyaan: Pak Arie, saya sedang mempelajari Ruby dengan banyak buku, tutorial dan referensi-referensi di internet. Mohon nasihatnya. Terima kasih.

Jawab: Tidak ada alternatif lain menulis code kecuali dengan praktek, praktek, praktek menulis code. Setelah Anda menyelesaikan pelajaran Anda (entah bisa saja Anda dapatkan dari buku, tutorial, abstrak, essay, referensi, presentasi, video, audio), jangan berhenti hanya sampai disitu, teruskanlah dengan banyak berlatih dengan proyek-proyek nyata di lapangan, ada banyak sekali yang bisa Anda garap, baik itu proyek untuk tujuan komersil maupun yang bisa Anda ciptakan sebagai Free Software. Setelah Anda membuat latihan-latihan Anda di Github, Bitbucket, Google Code, Ruby Forge, Source Forge, atau di tempat mana saja untuk menaruh code latihan Anda, Anda baru bisa mendatangi saya lagi untuk taraf pembelajaran lebih lanjut. Bila tahap yang saya sebutkan ini belum dilalui, bersabarlah untuk tekun dan terus berlatih tanpa menghubungi saya dulu, baru hubungi saya lagi jika sudah serius siap dengan link code, ya.